17 July 2018

5 Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat labu kuning

Halodoc, Jakarta – Merawat kecantikan kulit wajah tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk kecantikan saja, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan alami seperti buah-buahan ke dalam rutinitas perawatanmu sehari-hari. Salah satu buah yang baik untuk kecantikan adalah labu kuning.

Selain punya rasa yang enak, labu kuning juga kaya akan berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat antara lain antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan serat. Berikut manfaat labu kuning untuk kecantikan kulit wajah.

1. Membuat Kulit Tampak Awet Muda

Paparan polusi, asap rokok dan sinar UV dari matahari yang kamu temui setiap hari merupakan sumber radikal bebas yang bisa merusak jaringan kulit dan memicu timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit wajahmu. Namun, kamu bisa melindungi kulit dari serangan radikal bebas dengan mengonsumsi labu kuning secara rutin. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam labu kuning mampu membantu menstabilkan beberapa molekul radikal bebas yang berkembang di dalam jaringan kulit, membentuk kolagen alami serta memproduksi elastin agar kulit tetap kenyal. Hasilnya, kulitmu akan tampak awet muda.  

Selain dimakan, labu kuning juga bisa diolah sebagai masker alami juga lho. Caranya membuatnya cukup campurkan labu kuning yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh madu.  Kemudian, oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah selesai, bilas wajah dengan air sampai bersih.

Baca juga: Manfaat Susu Untuk Wajah dan Resep Maskernya

2. Mencerahkan Kulit

Tahukah kamu, labu kuning juga mengandung enzim yang fungsinya mirip dengan kandungan alpha-hydroxy yang sering ditemukan pada produk-produk pencerah kulit. Enzim ini bekerja dengan cara menyingkirkan sel kulit mati, sehingga membuat kulit wajahmu tampak cerah dan segar. Selain itu, vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam labu kuning juga mengandung beta karoten yang mampu menutrisi dan memperbaiki jaringan kulit.

3. Mengatasi Jerawat

Sebal karena wajahmu sekarang sedang jerawatan? Makan saja labu kuning untuk mengatasinya! Selain kaya akan vitamin C dan vitamin E, labu kuning juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang efektif mengurangi masalah iritasi, peradangan maupun jerawat pada kulit wajah. Selain mengonsumsinya, kamu juga bisa mengoleskan labu kuning yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang sedang bermasalah.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Jerawat  

4. Melembapkan Kulit

Dry patches yang timbul akibat kulit kering memang cukup mengganggu dan bisa mengurangi penampilan. Enggak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan masker labu kuning. Dalam labu kuning, terdapat kandungan vitamin E dan antioksidan yang mampu melembapkan kulit. Gunakanlah masker labu kuning dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang lembap dan sehat.

5. Mencegah Produksi Minyak Berlebih

Kamu punya jenis kulit berminyak? Nah, kamu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah dengan menggunakan masker labu kuning. Kandungan zinc yang dimiliki labu kuning dapat mengurangi produksi minyak berlebih penyebab timbulnya jerawat.  Tambahkan beberapa tetes cuka apel ke dalam masker labu kuning yang sudah kamu buat, karena kandungan asam malat pada sari cuka apel mampu menyerap kelebihan minyak yang muncul di permukaan kulit. Baca juga: Cara Tepat Lakukan Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak

Nah, itulah manfaat-manfaat labu kuning untuk kulit wajah. Kalau kamu punya masalah seputar kecantikan kulit wajah, gunakan saja aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa curhat dengan dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.