26 April 2017

5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Olahraga yang cukup mudah, murah, dan serta tidak membutuhkan banyak perlengkapan untuk dilakukan adalah lari. Siapa saja bisa saja melakukannya baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Umumnya olahraga yang satu ini dilakukan pada pagi hari, namun tak sedikit pula orang yang melakukannya pada sore atau malam hari.

Namun begitu, lari di pagi hari memiliki lebih banyak manfaat dibanding lari di sore atau malam hari, lho. Saat pagi hari, belum banyak kendaraan yang lalu lalang sehingga Anda dapat menghirup udara pagi yang sejuk dan segar. Selain udara yang segar, masih ada manfaat lari pagi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak berikut ini:

1.     Panjang Umur
Manfaat lari pagi yang pertama adalah olahraga ini dapat memperpanjang umur. Jika dilakukan secara rutin, lari setiap pagi dapat membuat metabolisme tubuh meningkat. Saat menghirup udara segar di pagi hari dan menghembuskannya perlahan, Anda seperti sedang membuang perasaan tertekan sehingga tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

2.     Tulang Lebih Padat dan Kuat
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Missouri, ditemukan bahwa seorang pelari memiliki tulang yang lebih padat dan kuat daripada seorang pesepeda. Kurangnya kepadatan tulang seorang pesepeda mencapai 63%, sedangkan seorang pelari kepadatan tulangnya hanya kurang 19%. Artinya, seorang pelari memiliki sel tulang yang lebih padat dibanding orang yang bersepeda. Jika Anda termasuk orang yang gemar bersepeda, sesekali Anda bisa menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga lari untuk menjaga kesehatan tulang.

3.    Lari Cegah Pikun
Bagi wanita yang rutin rajin lari pagi saat usia remaja bisa dapat mengurangi risiko kepikunan saat memasuki usia lanjut. Manfaat lari pagi mampu meningkatkan konsentrasi serta daya ingat dan fungsi otak lainnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengajak orang tua Anda agar terus bergerak untuk cegah pikun meski sudah memasuki usia lanjut.

4.     Tidur Lebih Berkualitas
Manfaat lari pagi lainnya yaitu, jika Anda sering mengalami penyakit insomnia atau memiliki kualitas tidur yang kurang baik, bisa diatasi dengan lari pagi. Bagaimana caranya? Dengan rutin melakukan lari pagi, Anda dapat lebih mudah tertidur dengan nyenyak.

5.    Tidak Mudah Sakit
Lari pagi bisa membuat kesehatan fisik tetap bugar dan terjaga. Ini karena saat lari, Anda sama halnya dengan melakukan latihan fisik sehingga tubuh  terbiasa melakukan kegiatan yang “melelahkan”. Udara pagi yang dihirup pun dapat menyehatkan paru-paru sehingga membuat tubuh jadi lebih segar.

Orang yang rutin lari pagi akan terhindar dari sakit flu daripada orang yang tidak suka melakukan lari pagi. Hal ini dikarenakan di pagi hari, kondisi udara masih segar sehingga hal ini yang membuat orang yang rajin lari pagi tidak mudah terserang penyakit.

Itulah 5 manfaat lari pagi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan saran mengenai kondisi kesehatan Anda, tak perlu ragu untuk langsung menghubungi dokter. Kini jadi lebih mudah karena Anda bisa menggunakan metode pilihan chat, video call, dan voice call di aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter spesialis pilihan. Anda pun bisa berbelanja kebutuhan medis di Halodoc, sehingga tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk pergi ke apotek. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.