05 June 2018

5 Manfaat Semangka Bagi Pertumbuhan Anak

5 Manfaat Semangka Bagi Pertumbuhan Anak

Halodoc, Jakarta – Buah semangka identik dengan bentuknya yang cantik, manis, dan menyegarkan. Tapi, tahu enggak sih kalau ternyata manfaat semangka juga baik untuk pertumbuhan Si Kecil? Manfaat ini bisa didapat karena kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang ada di dalam semangka. Jadi, mulai saat ini ibu enggak perlu ragu untuk menambahkan semangka ke dalam menu harian anak, ya. (Baca juga: Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan)

Kapan Anak Boleh Makan Semangka?

Idealnya, ibu bisa memberikan Si Kecil semangka saat usianya 8-10 bulan atau saat ia sudah memiliki cukup gigi untuk mengunyah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu ibu perhatikan sebelum memberikan Si Kecil semangka:

  • Beli buah semangka dalam bentuk utuh dan sudah matang. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko kontaminasi bakteri pada buah semangka.
  • Potong buah di rumah. Potongan secukupnya dan simpan sisa semangka yang belum dipotong ke dalam kulkas.
  • Keluarkan biji semangka yang ada sebelum ibu memberikannya pada Si Keci. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko tersedak saat Si Kecil mengonsumsi semangka.

Manfaat Semangka untuk Pertumbuhan Anak

Agar ibu lebih yakin, simak penjelasan tentang manfaat semangka untuk pertumbuhan anak berikut ini, yuk. (Baca juga: Makanan yang Dikonsumsi Anak Menentukan Karakternya Kelak?)

1. Menjaga Keseimbangan Cairan

Sebagian besar kandungan semangka adalah air. Itu sebabnya, mengonsumsi semangka bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Si Kecil dan mencegahnya dari dehidrasi. Semangka juga mengandung elektrolit, yaitu ion yang bisa membantu tubuh berfungsi dengan baik dan menjaganya tetap terhidrasi.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat di dalam semangka bisa membantu melancarkan sistem pencernaan Si Kecil, termasuk membuatnya rutin buang air besar (BAB) dan terhindari dari sembelit.

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat ini didapat karena kandungan likopen dan karotenoid (seperti neurosporena, lutein, phytofluena, phytoene, dan beta-karoten) yang ada di dalam semangka. Kedua mineral inilah yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga membuatnya berfungsi optimal dalam menunjang tumbuh kembang Si Kecil.

4. Membantu Perkembangan Tulang   

Kandungan kalsium dan magnesium di dalam semangka bisa membantu perkembangan tulang Si Kecil. Ini karena kalsium bisa merangsang produksi hormon pertumbuhan, sedangkan magnesium bisa membangun pertumbuhan otot dan fungsi saraf pada tubuh Si Kecil.

5. Banyak Mengandung Vitamin

Berikut adalah beberapa vitamin yang ada di dalam semangka dan manfaatnya untuk Si Kecil:

  • Vitamin C. Vitamin ini bisa membantu tubuh Si Kecil dalam melawan infeksi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sel darah merah, serta meningkatkan hemoglobin melalui penyerapan zat besi. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh, maka semakin kecil risiko Si Kecil untuk terkena penyakit.
  • Vitamin A. Selain mempertajam penglihatan, vitamin ini juga baik untuk kesehatan kulit dan bisa mendukung pertumbuhan gigi Si Kecil.
  • Vitamin B kompleks. Vitamin ini bisa membantu peningkatan produksi sel darah merah, pengembangan sistem saraf, penguatan sistem kekebalan tubuh, perbaikan protein dan fungsi otak, serta meningkatkan metabolisme tubuh Si Kecil.

(Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui)

Selama Si Kecil berada di fase tumbuh kembangnya, jangan lupa untuk memerhatikan kondisi kesehatan Si Kecil, ya. Jika Si Kecil sakit, sekarang ibu enggak perlu lagi repot ke luar rumah untuk untuk membelikan Si Kecil obat/vitamin. Ibu bisa memanfaatkan fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar di aplikasi Halodoc. Ibu hanya tinggal pesan obat/vitamin yang dibutuhkan Si Kecil melalui aplikasi Halodoc dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.