24 August 2018

5 Manfaat Sering Mengelus Perut Saat Masa Kehamilan

masa kehamilan, manfaat mengelus perut ibu hamil, positif mengelus perut ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah masa-masa yang membahagiakan untuk pasangan suami istri. Tidak hanya itu, biasanya pada masa kehamilan ibu akan mengalami banyak perubahan. Baik itu perubahan mental maupun perubahan fisik yang akan terlihat.

Perut yang semakin membesar menandakan bahwa bayi dalam kandungan juga mengalami perkembangan yang baik. Tentu perut yang membesar terkadang membuat ibu tidak bisa menghentikan kegiatan mengelus perut. Apalagi jika kehamilan ini adalah kehamilan yang pertama. Perasaan senang dan takjub membuat ibu tidak bisa menghentikan kegiatan mengelus perut.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Otak Janin

Nyatanya, mengelus perut saat masa kehamilan bukan saja sebagai tanda kasih sayang atau tanda kebahagiaan saja. Mengelus perut saat masa kehamilan ternyata mampu memberikan dampak yang cukup positif bagi ibu maupun bayi. Berikut adalah beberapa manfaat jika ibu sering mengelus perut saat masa kehamilan.

1. Menstimulasi Perkembangan Otak Janin

Pada masa kehamilan tentu ibu membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk perkembangan Si Kecil dalam kandungan. Nyatanya jika ibu sering mengelus perut saat masa kehamilan, kegiatan tersebut dapat menstimulasi perkembangan otak janin. Sehingga perkembangan otak janin akan menjadi lebih sempurna. Dengan mengelus perut, janin akan merasa lebih dihargai dan juga disayang oleh kedua orangtuanya, khususnya ibu.

2. Mengurangi Rasa Nyeri saat Melahirkan

Menurut fisioterapi yang berasal dari Inggris, Bourne, sebaiknya seorang suami juga harus rajin untuk memberikan stimulasi pada bayi dalam kandungan, salah satunya dengan cara mengelus perut ibu. Dengan stimulasi ini, rasa nyeri akan berkurang saat melahirkan nanti.

Tidak hanya mengurangi rasa nyeri, kegiatan ini bisa menghindarkan bayi dari lahir dengan berat badan rendah dan prematur. Ibu bisa meminta suami rajin mengelus perut ibu sejak usia kandungan memasuki trimester ketiga.

3. Membuat Hubungan Anak dan Orangtua Semakin Dekat

Pada usia kehamilan 8 minggu, ibu sudah mulai bisa mengelus perut. Pada usia kehamilan ini, biasanya bayi dalam kandungan sudah bisa merasakan adanya sentuhan. Tidak ada salahnya mengelus perut ibu sambil mengajak bayi dalam kandungan berkomunikasi.

Ucapkan nama panggilan atau sebutan sayang untuk bayi agar terjadi bonding yang cukup kuat antara bayi dan orangtua. Jadi jangan heran, jika dilahirkan nanti Si Kecil sudah sangat akrab dengan suara kedua orangtuanya.

4. Bayi akan Merasakan Kasih Sayang Sejak dalam Kandungan

Tentu dengan mengelus perut ibu secara lembut, bayi akan merasakan kasih sayang dari kedua orangtuanya. Hal ini tentu akan memengaruhi perkembangan dan juga pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Dengan curahan kasih sayang sejak bayi dalam kandungan, tentu bayi akan dilahirkan dengan kondisi tenang. Tentu hal ini akan memengaruhi perkembangan Si Kecil saat sudah dilahirkan.

5. Anak Menjadi Cerdas

Dengan mengelus perut artinya ibu memberikan stimulasi pada perkembangan otak janin. Banyak hal yang membuat anak menjadi cerdas. Selain faktor keturunan dari orangtuanya, pola didik dan juga faktor lingkungan sejak dalam kandungan. Nah, mengelus perut saat hamil bisa menjadi salah satu faktor yang dapat membuat anak menjadi cerdas saat dilahirkan.

Baca juga: Inilah 4 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Jika ibu memiliki keluhan saat masa kehamilan, ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!