08 June 2018

5 Masalah Kulit Saat Mudik yang Perlu Diketahui

5 Masalah Kulit Saat Mudik yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Menjelang lebaran, kebanyakan orang akan sibuk mempersiapkan momen mudik. Momen ini dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk berkumpul dengan keluarga besar hingga mengunjungi tempat wisata yang menarik. Agar momen mudik semakin spesial, jangan lupa untuk memerhatikan kondisi kulit kamu, ya. Sebab tak jarang, perubahan cuaca dan udara saat mudik bisa memengaruhi kondisi kulit. (Baca juga: 5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi Dengan Minyak Zaitun)

Berikut ini adalah beberapa masalah kulit saat mudik:

1. Kulit Kering

Keluhan ini biasanya dialami oleh seseorang yang mudik menggunakan kendaraan dengan pendingin udara (AC). Sebab, paparan suhu dingin dalam waktu lama membuat tubuh rentan kehilangan cairan, sehingga kulit menjadi kering. Perubahan cuaca saat mudik juga bisa memengaruhi tingkat kelembaban udara. Semakin rendah kelembaban udara, maka semakin rentan untuk kamu mengalami kulit kering.

2. Kulit Terbakar

Keluhan ini terjadi akibat paparan sinar UV matahari yang berlebih. Biasanya, keluhan ini terjadi setelah 2-6 jam terpapar sinar UV matahari. Tanda-tanda yang muncul diantaranya adalah kulit kemerahan, terasa panas, perih, hingga pembengkakan. Keluhan ini rentan dialami oleh pemudik yang menggunakan kendaraan beroda dua (motor) atau pemudik yang sering bepergian di siang hari.

4. Kulit Kusam

Selain kulit terbakar, pemudik juga rentan mengalami kulit kusam. Ini karena paparan sinar UV matahari bisa menembus lapisan kulit. Akibatnya, kulit akan memproduksi lebih banyak melanin (pigmen kulit) untuk melindungi dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Pigmen tersebutlah yang membuat kulit tampak lebih kusam, hingga mengubah warna kulit menjadi lebih gelap.

5. Kulit Berjerawat

Jerawat bisa muncul karena beberapa faktor. Namun, secara umum, ini bisa terjadi akibat kurangnya kelembaban udara di dalam kendaraan berpendingin udara (AC), paparan debu, kotoran, dan polusi yang berlebih saat mudik. Sebab, suhu dingin akan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak agar bisa melindungi diri dari kekeringan. Produksi minyak berlebih inilah yang bisa membuat kulit kamu rentan berjerawat saat mudik.

Tips Kulit Tetap Sehat saat Mudik

Kabar baiknya, kamu bisa lho mencegah lima masalah kulit saat mudik tersebut. Begini caranya:

  • Bagi pemudik dengan kendaraan roda dua (motor), jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri. Diantaranya adalah helm, masker, jaket, sepatu, dan sarung tangan.
  • Bagi pemudik dengan kendaraan berpendingin udara (AC), kamu perlu menggunakan pelembab kulit sebelum atau pada saat berangkat mudik.
  • Jika ingin bepergian selama mudik, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi paparan sinar UV matahari. Pilihlah tabir surya dengan SPF (Sun Protector Factor) minimal 30 dan gunakan secara berkala setiap dua jam sekali.
  • Jika kulitmu berminyak, sediakan kertas minyak untuk mengendalikan produksi minyak berlebih sepanjang hari.
  • Setelah bepergian atau tiba di lokasi, jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah dengan sabun muka khusus yang sesuai jenis kulit. (Baca juga: Rawat Kulit dengan Memilih Sabun yang Sesuai Jenis Kulit)

Itulah lima masalah kulit saat mudik yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu punya masalah kesehatan saat mudik, jangan panik. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Setelah itu, kamu bisa masuk ke fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga.