25 October 2017

5 Menit Gerakan Olahraga untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

5 Menit Gerakan Olahraga untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

Halodoc, Jakarta – Tuntutan pekerjaan yang menumpuk membuat kamu jadi sulit mengatur waktu untuk olaharaga. Padahal, olahraga diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, lho. Menemukan olahraga yang tepat di waktu senggang tak hanya baik untuk kesehatan namun juga bisa membantu untuk meningkatkan kemapuan otak. Namun olahraga yang dipilih mesti dengan intensitas yang cukup tinggi.

Dilansir dari Prevention, susunan otak dan kognitif akan meningkat dengan olahraga, apalagi jika dilakukan oleh orang yang berada di usia produktif. Selain itu, olahraga dengan intesitas tinggi pun membantu untuk pembakaran kalori lebih cepat.

Untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi di waktu yang singkat kamu mesti memperhatikan beberapa hal ini:

1.  Selalu tahu dimana batasan fisik kamu agar tak berlebihan.
2.  Jika kamu tidak merasa lelah dan berkeringat selama lima menit terakhir saat olahraga maka bisa jadi kamu melakukan kesalahan.
3.  Lakukan hitungan dengan benar tanpa melewatkannya, misalnya kamu melakukan 10 kali hitungan maka jangan mengurangi intervalnya di gerakan berikutnya.
4.   Selalu ingat untuk melakukan pemanasan.
5.   Jika ini adalah kali pertama kamu sebaiknya tidak memaksakan diri.

5 menit olahraga ini bisa kamu lakukan di rumah, yaitu:

Dapur

Gunakan meja di dapur untuk melakukan push up. Lakukan hitungan 10 kali dan ulangi hingga 3 set. Kemudian ambil botol minum dari dalam kulkas dan lakukan squat dalam 10 kali hitungan dan ulangi hingga 3 set.

Kamar
Lakukan plank selama 30 detik. Lalu dengan posisi menyamping, lakukan plank selama 30 detik. Lakukan masing-masing sisi dan ulangi hingga 3 set.

Tangga
Naik turun tangga dasar rumah kamu selama satu menit. Lalu lakukan lompat di tempat selama 20 hitungan. Kemudian naik turun tangga selama 10 menit dan diikuti dengan 10 kali push up. Ulangi gerakan ini selama 1 menit.

Ruang Keluarga
Berdiri tegak kemudian bungkukan badan perlahan hingga tangan menyentuh lantai namun kaki dan lurus sehingga membentuk huruf n. Kemudian rentangkan kaki semakin lebar hingga membentuk posisi push up. Lalu kembali langkahkan kaki ke depan perlahan membentuk huruf n. Ulangi 3 hitungan.

Untuk melakukan latihan ini sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter kamu. Tak ada salahnya meminta ahli untuk menganalisa dulu kondisi fisik dan kemampuan kamu agar tak salah berolahraga.

Selain itu, lakukan juga olaharga rutin ini dengan dibarengi gaya hidup sehat. Kurangi makan makanan cepat saji dan minum minuman beralkohol. Menghindari merokok terlalu sering pun dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan kamu. Olahraga terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak, jadi selalu ingat untuk luangkan waktu berolahraga, ya!

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Saat sibuk di kantor, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja, dimana saja.

Kamu bisa langsung menghubungi dokter dan bicara langsung dengan dokter Halodoc melalui Voice/Video Call dan Chat. Tak hanya bicara dengan dokter saja, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan si kecil seperti suplemen atau vitamin melalui Halodoc. Pesanan kamu akan diantar ke alamat tujuan dalam satu jam dan bebas biaya kirim, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.