17 May 2018

5 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

5 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta – Menjelang waktu berbuka, kamu pasti sudah menyiapkan sederetan daftar menu berbuka yang pastinya sangat lezat. Membayangkan melepas dahaga dengan aneka sajian manis dan segar pasti membuat perut semakin berbunyi nyaring. Belum lagi dengan aneka makan malam yang pastinya membuat perut semakin kenyang.

Namun, kamu perlu memilih takjil dan menu makan malam selama berpuasa. Kesehatan tubuh tetap menjadi yang utama, karena itu kamu harus memilih menu berbuka dan makan malam yang bernutrisi. Jangan sampai kesehatan tubuh terancam karena kamu terlalu bernafsu untuk melahap semua makanan.

Nah, supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya, beberapa menu takjil sehat ini bisa jadi rekomendasi kamu saat berbuka puasa nanti:

Bubur Kacang Hijau

Menu takjil sehat pertama adalah bubur kacang hijau. Menu satu ini mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh, seperti folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium. Salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Human and Experimental Toxicology menyebutkan, kacang hijau berperan penting dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh.

Tak hanya itu, kacang hijau juga menjadi salah satu sumber protein yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Chemistry Central, bahwa kacang hijau pun berfungsi sebagai antiinflamasi, antitumor, dan juga mampu mengakomodasi proses metabolisme lemak tubuh dengan baik.

(Baca juga: 3 Manfaat Ngemil Malam Saat Bulan Puasa)

Kolak

Sepertinya, kolak menjadi menu yang tak pernah absen saat bulan puasa. Pasalnya, camilan ini sangat mudah dibuat. Bahan-bahannya pun tak sulit ditemukan, mulai dari ubi, pisang, singkong, biji salak, labu, dan masih banyak lagi. Rasa manis gula dan gurih santan pada penganan ini membuat dahaga selama berpuasa hilang seketika. Tak hanya itu, bahan-bahannya pun kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bahan ubi kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, bahan ini juga menjadi sumber karbohidrat alternatif yang baik untuk pengidap diabetes. Sementara itu, bahan singkong kaya akan vitamin C dan asam folat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Es Buah

Hmm, pasti sudah terbayang betapa segarnya hidangan satu ini, ya. Potongan aneka buah segar dan es batu pasti bisa mengusir haus seketika. Namun, perhatikan asupan gulanya, ya. Saat ingin mengonsumsi es buah, sebaiknya pakai satu jenis pemanis saja, seperti sirup atau gula pasir cair. Kalau ingin lebih sehat, kamu bisa mencampurkan madu, perasan lemon, dan sedikit susu sebagai kuahnya.

Jus atau Smoothie

Selain es buah, jus atau smoothies juga bisa menjadi menu takjil sehat. Kalau memilih menu jus, akan lebih baik kalau kamu mengurangi takaran gulanya. Sementara itu, untuk menu smoothie sehat, kamu bisa memilih yoghurt yang rendah lemak. Jangan khawatir lapar, karena smoothie mengandung kalori yang mampu untuk memenuhi asupan harian tubuh.

(Baca juga: 6 Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa)

Puding Buah

Biasanya, camilan yang wajib ada saat berbuka adalah gorengan. Namun, makanan ini tidak baik dikonsumsi tubuh, karena tinggi kalori dan lemak yang memicu munculnya penyakit serius seperti diabetes atau hipertensi. Mulai sekarang, coba kamu ganti asupan gorengan dengan puding buah. Pastikan gula yang kamu pakai untuk membuat puding tidak terlalu banyak, ya. Selain itu, supaya lebih sehat, buatlah saus puding dari susu rendah lemak.

 

Itu tadi lima menu takjil sehat untuk berbuka puasa yang bisa kamu coba. Jangan sampai kamu makan berlebihan, ya, karena berat badan justru cenderung mudah naik saat puasa. Selain itu, sempurnakan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, minimal 30 menit selepas sahur atau sebelum berbuka.

Konsumsi vitamin juga perlu, supaya tubuh tetap mendapatkan nutrisi pendamping yang dbutuhkan. Nah, sekarang kamu tak perlu keluar rumah untuk membelinya, karena kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Pilih layanan apotek antar, dan semua kebutuhan obat atau vitamin kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!