06 July 2018

5 Olahraga yang Digilai Generasi Millennial

olahraga yang digilai generasi millennial, jenis-jenis olahraga, generasi millennial, olahraga generasi millennial,olahraga

Halodoc, Jakarta – Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan yang dilakukan oleh generasi sekarang, alias millennial, telah mengangkat “derajat” olahraga sebagai bentuk tren gaya hidup yang tidak bisa dianggap sebelah mata.

Sejatinya, tidak hanya untuk kesehatan, olahraga juga menjadi kebutuhan untuk bersosialisasi. Tak heran ada beberapa jenis olahraga yang sangat digilai oleh generasi millennial dan kerap menjadi tren di media sosial. Apakah kamu sudah pernah mencoba jenis olahraga tersebut?

  1. Lari

Bukan sekadar lari di kompleks lho, tetapi tren lari pada generasi millennial adalah keterlibatan di event-event lari skala nasional dan internasional. Misalnya seperti Bali Marathon, Bromo Marathon, bahkan London Marathon. Olahraga lari juga kian menyublim menjadi lebih semarak dengan adanya the music run atau pun the colour run. Sesuai namanya, kalau the music run, kamu akan lari sambil diiringi beberapa genre musik, sedangkan the colour run lebih kepada adaptasi budaya holy festival di India di mana ada taburan bubuk warna-warni yang akan menyemarakkan suasana larimu. Baca juga: Begini Cara Mmeulihkan Tubuh setelah Berolahraga

  1. Pound Fit

Olahraga sambil mendengarkan musik memang sangat menyenangkan. Kalau zumba mungkin sudah biasa. Ada jenis olahraga sambil mendengarkan musik yang akhir-akhir ini menjadi trending, yaitu pound fit. Sebuah aktivitas olahraga menggebuk dengan menggunakan stick sambil melompat, squat, pilates, serta variasi olahraga lainnya.

Tahapan pound fit terdiri dari tiga tahapan, pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Di sela-sela sesi, akan ada stretching yang biasa dibantu oleh instruktur untuk melegakan otot yang sudah bekerja keras. Fokus pound fit adalah untuk mengencangkan otot paha, betis, lengan, dan perut.

  1. Yoga

Yoga masih menjadi salah satu jenis olahraga yang digilai millennial. Salah satu yang cukup diminati adalah acroyoga. Terlepas dari olahraga ini terlihat cantik dan sangat instagrammable, nyatanya acroyoga memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari melatih keseimbangan, ketahanan tubuh, memaksimalkan kerja otot, dan tentunya rasa percaya diri dan peningkatan bonding dengan partner, secara acroyoga dilakukan berdua dan dengan gerakan-gerakan yang sangat akrobatik. Pastinya, harus ada rasa saling percaya untuk melakukan setiap pose. Baca juga: Coba 4 Gerakan Yoga Ini Agar Kulit Semakin Cantik

  1. Muaythai

Tidak hanya para pria, wanita juga mulai senang dengan jenis olahraga ini dan termasuk yang digilai para generasi millennial. Pasalnya, muaythai termasuk olahraga yang dapat membakar kalori cukup besar, yaitu 1000 kalori dalam satu sesi latihan (1,5 jam). Muaythai memiliki sesi latihan yang cukup padat, mulai dari pemanasan yang menerapkan pola HIT (high intensity training), sehingga ada banyak otot yang dilatih. Demikian juga saat masuk ke gerakan inti yang meliputi pukulan dan tendangan. Selain memberikan rasa percaya diri lewat pembentukan badan, muaythai juga olahraga yang dapat meningkatkan keyakinan untuk melindungi diri sendiri, serta pelepasan emosi-emosi negatif dan stres melalui gerakan yang penuh dengan energi.

  1. Bersepeda

Bike to work masih menjadi tren yang digilai generasi millennial. Terutama buat kamu yang tinggal di Jakarta. Ketika kemacetan menjadi makanan sehari-hari, harus ada perubahan supaya waktu tidak terbuang sia-sia di jalan. Salah satu pemecahannya adalah dengan bersepeda ke kantor. Bisa sampai ke kantor sekaligus melakukan olahraga untuk kesehatan.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai jenis olahraga yang digilai generasi millennial serta tips sehat lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.