26 June 2018

5 Penyebab Munculnya Endapan Putih pada Air Seni

penyebab endapan putih pada air seni, munculnya endapan putih pada air seni, penyebab munculnya endapan putih pada urine

Halodoc, Jakarta – Semua zat sisa yang tidak lagi digunakan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui ginjal dalam bentuk urine. Pada kondisi normal, warna urine seseorang adalah kuning cerah tanpa adanya bercak apa pun. Saat kamu kurang minum, warna urine kamu akan berubah menjadi kuning pekat, yang menandakan bahwa tubuh kamu memerlukan banyak cairan. Namun, bagaimana jika ternyata muncul endapan berwarna putih pada urine kamu?

Adanya endapan berwarna putih pada air seni bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria. Pada sebagian wanita, adanya endapan putih bisa saja terjadi karena dampak dari kinerja sistem reproduksi, meski terkadang juga ditemukan adanya endapan putih karena suatu penyakit. Kondisi munculnya endapan penyakit pada urine ini juga sering terjadi pada pria. Berikut beberapa penyebab endapan putih pada air seni yang perlu diketahui:

 

  • Seorang Wanita yang Sedang Hamil

 

Ibu hamil sering kali mengalami keputihan tanpa bisa diprediksi. Ini terjadi karena adanya perubahan hormonal pada tubuh ibu hamil. Sama halnya dengan saat wanita sedang berada pada masa subur, keputihan yang muncul pun akan lebih banyak volumenya. Lendir ini akan dibuang bersama urine ketika ibu hamil buang air kecil, sehingga menyebabkan adanya endapan putih pada air seni.

 

  • Infeksi Jamur pada Vagina

 

Sebenarnya, pada area Miss V terdapat jamur baik yang bernama Candida albicans. Meski begitu, apabila perkembangbiakan jamur ini melebihi batas normal, area Miss V bisa saja mengalami infeksi jamur. Gejala yang bisa diamati jika wanita mengalami penyakit ini adalah adanya endapan putih yang akan terbuang bersama urine. Selain itu, akan timbul rasa nyeri ketika buang air kecil dan terjadi pembengkakan di area kewanitaan.

Baca juga: 6 Warna Urine Jadi Tanda Kesehatan

 

  • Penyakit Batu Ginjal

 

Munculnya batu pada ginjal disebabkan karena tingginya kadar kalsium oksalat pada tubuh. Akibatnya, terjadi penumpukan zat dan pengerasan hingga membentuk batu pada bagian ginjal yang akan turut terbawa ketika kamu buang air kecil. Batu ginjal juga akan membuat kamu sering buang air kecil yang disertai dengan rasa terbakar dan nyeri. Pada beberapa kondisi, penyakit ini bisa menyebabkan air seni kamu berubah warna menjadi keruh.

 

  • Terjadinya Infeksi pada Saluran Kemih

 

Penyebab endapan putih pada air seni selanjutnya adalah karena terjadinya infeksi pada bagian saluran kemih. Kondisi ini disebabkan karena masuk bakteri ke uretra dan menyebar ke bagian saluran kemih maupun ginjal. Infeksi yang lebih sering terjadi pada wanita ini ditandai dengan munculnya bercak putih pada air seni, nyeri panggul, dan air seni yang berbau busuk.

 

  • Penyakit Prostatitis

 

Terjadinya peradangan yang disebabkan karena bakteri biasanya akan menunjukkan gejala berupa munculnya endapan putih pada air seni. Seperti misalnya saat kamu terkena penyakit prostatitis. Penyakit ini bisa disebabkan karena bakteri yang mengakibatkan pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat. Penyakit ini sering dialami oleh pria dengan gejala lain berupa rasa nyeri pada bagian skrotum dan muncul denyutan pada bagian Mr. P.

Baca juga: Infeksi Saluran Kemih, Gejala dan Penyebabnya

Itu tadi lima penyebab endapan putih pada air seni yang perlu diwaspadai. Segera tanyakan pada dokter apabila kamu mengalami gejala aneh saat buang air kecil. Manfaat aplikasi Halodoc untuk memudahkan kamu bertanya dengan dokter. Aplikasi ini juga bisa kamu pakai untuk membeli obat atau melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah. Temukan dan download segera aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play Store!