07 August 2018

5 Prinsip Menerapkan Clean Eating

Clean eating, prinsip clean eating

Halodoc, Jakarta – Clean eating lebih mengarah pada gaya hidup sehat, terutama dalam pola makan. Ini karena dalam penerapannya, clean eating berfokus pada makanan sehat dan alami. Tujuannya bukan sekadar untuk meningkatkan kesehatan, melainkan juga kualitas hidup. Sebab, banyak penganut clean eating yang percaya bahwa mengonsumsi makanan sehat bisa berdampak positif pada kualitas hidup yang lebih baik.

Baca juga: Coba Eat Clean, Ini 5 Makanan yang Perlu Dicoba

Prinsip clean eating memang terlihat sederhana, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan segar, terutama sayur dan buah-buahan. Namun, jika kamu berencana untuk menerapkan konsep ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini lima prinsip menerapkan clean eating yang bisa kamu terapkan:

1. Perbanyak Konsumsi Serat

Penganut clean eating dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dan tinggi serat. Misalnya, nasi merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian berprotein tinggi (seperti quinoa dan gandum). Selain untuk mendapatkan serat lebih banyak, asupan ini juga bertujuan untuk membuat kamu lebih kenyang dalam waktu lama.

2. Mengonsumsi Makanan yang Masih Segar

Maksudnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dari bahan makanan yang masih segar dan melalui proses pemasakan yang baik. Makanan dalam kemasan (seperti kornet, sosis, dan nugget) dan makanan yang berpengawet sebaiknya tidak dikonsumsi jika kamu ingin menerapkan gaya hidup sehat dengan clean eating. Agar memudahkan, kamu bisa menyediakan dan mengolah makanan sendiri untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebuah studi bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan segar bisa menurunkan risiko obesitas dan penyakit degeneratif lain akibat kelebihan kalori dan lemak dalam tubuh.

3. Mengatur Porsi dan Jam Makan

Bukan untuk melarang, namun, pengaturan ini bertujuan untuk mencegah perilaku makan berlebih yang bisa memicu kegemukan (overweight) dan obesitas. Porsi makan yang dianjurkan dalam metode clean eating adalah membagi waktu dan porsi makan menjadi 6 porsi kecil dalam satu hari. Tujuannya untuk mencegah rasa lapar berlebih dan memudahkan proses pencernaan makanan dalam tubuh.

4. Perhatikan Nilai Gizi Makanan

Agar tetap “clean”, kamu perlu memerhatikan nilai gizi pada setiap makanan yang dikonsumsi. Tujuannya agar kamu bisa memantau asupan gula dan garam harian. Sebab, ada batasan konsumsi gula dan garam harian dalam penerapan clean eating, yakni 2300 miligram garam per hari.

5. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Konsumsi makanan sehat dan segar juga perlu dikombinasikan dengan gaya hidup sehat lainnya. Misalnya, minum air putih yang cukup (setidaknya 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan), tidur cukup (7-8 jam untuk orang dewasa), rutin berolahraga, dan kelola stres. Jangan lupa juga untuk tetap bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kamu. Sebab, bersosialisasi juga bisa berdampak positif pada kesehatan tubuh, lho.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Itulah lima prinsip clean eating yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar clean eating, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!