28 May 2017

5 Rahasia Merawat Kulit dari Berbagai Negara

5 Rahasia Merawat Kulit dari Berbagai Negara

Halodoc, Jakarta – Tahukah Anda jika masing-masing negara memiliki cara sendiri untuk merawat kulit? Hingga kini di Mesir, para wanita masih ada yang mandi dengan menggunakan air susu seperti yang dilakukan Cleopatra. Lalu di Korea, para wanita memiliki 10 hingga 15 langkah untuk merawat kulit baik pagi maupun malam hari.

Nah, ingin kulit cantik sepanjang hari? Yuk, simak cara 5 rahasia merawat kulit dari berbagai negara di dunia ini:

1. Hamman di Turki dan Maroko
Dalam bahasa Arab, hamman berarti “mandi air hangat” namun secara harfiah kata ini berarti tempat pemandian dalam ruangan yang biasa didatangi orang-orang setiap minggu. Menurut Benoit Fourneyron, direktur spa di La Mamounia di Marrakesh. “Hamman bukan hanya tempat untuk membersihkan diri namun tempat sosial dimana orang-orang terutama wanita dapat bersenang-senang.”

Menurut Stephanie Flor, ahli kecantikan dan pendiri Around the World Beauty menyatakan bahwa di Turki dan Maroko, wanita masih melakukan scrubbing dari kepala hingga kaki dan relaksasi. Cara ini ampuh merawat kulit sehingga membuat kulit jadi lebih halus.

2. Rempah di Indonesia
Wanita Indonesia punya rahasia sendiri untuk merawat kulit dan mempercantiknya. “Ritual kecantikan tradisional untuk para putri raja dikenal dengan nama perawatan lulur yang memanfaatkan rempah dan bahan alami untuk mempercantik dan mencerahkan kulit,” ujar Metta Murdaya, co-founder JUARA. Selain untuk perawatan kulit dari luar, rempah juga umum digunakan wanita Indonesia sebagai perawatan dari dalam yang lebih populer dengan sebutan jamu.

3. Perawatan Kulit di Korea
Ada alasan mengapa perawatan kulit di Korea dapat dikatakan merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Ini karena para wanita Korea setidaknya menghabiskan waktu satu jam untuk melakukan 10 hingga 15 langkah perawatan kulit setiap pagi dan malam.

Para wanita Korea membasuh wajah mereka dua kali, pertama dengan pembersih yang mengandung minyak lalu dengan pembersih yang mengandung air. Menurut Katalin Berenyi, wanita Korea “mendengarkan kebutuhan kulit” mereka. Umumnya mereka tidak menggunakan produk yang sama setiap hati karena mereka merawat kulit sesuai kebutuhan mereka. Mereka suka mencoba banyak produk kecantikan, dan menggunakannya sesuai dengan kondisi kulit.

Misalnya, saat kulit mereka sedang berjerawat dan saat kulit terasa kering. Mereka akan menggunakan produk kecantikan yang berbeda sesuai dengan masalah kulit yang muncul.

4. Minyak Kelapa di Tanzania
Minyak kelapa telah menjadi kunci untuk merawat kulit di Amerika Serikat dan tentu saja iini karena sebuah tempat di Zanzibar di Timur Afrika. Tempat ini memiliki tiga kebudayaan, yakni muslim, Afrika, dan Arab. Diketahui bahwa, wanita Afrika dikenal dengan kulitnya yang eksotis, sedangkan wanita muslim membuat minyak kelapa untuk menghilangkan kulit pecah-pecah. Sejak dahulu mereka mengetahui ini dan menggunakan minyak kelapa untuk melindungi kulit dari matahari dan merawatnya.

5. Cantik dengan Masker di Perancis
Sejak jaman dahulu, masker menjadi rahasia kecantikan turun temurun wanita Perancis. Sejak dahulu, sudah ada masker untuk memberikan perawatan kulit mulai, melembabkan hingga meremajakan kulit. Cara merawat kulit yang secara turun temurun dilakukan oleh wanita Perancis adalah dengan menggunakan madu dan putih telur sebagai masker. Bukan hanya untuk merawat kulit, penggunaan masker merupakan cara untuk rileks dan memberikan waktu pada diri sendiri untuk memanjakan diri.

Selain masker, spa juga menjadi salah satu runitinas wanita Perancis untuk merawat kulit sekaligus mempercantik diri. Menurut Marie-Laure Fournier of the Fournier PR sekaligus Consulting Beauty Communication Agency, wanita Perancis selama berabad-abad menggunakan rumput laut dan air laut untuk merawat kulit. Ia juga mengatakan bahwa wanita Perancis terobsesi dengan berat badan dan selulit sehingga menggunakan rumput laut sebagai scrub untuk memperlancar sirkulasi darah dan menghilangkannya.

Tidak sulit untuk merawat kulit, kuncinya adalah selalu melakukan rutinitas kecantikan yang cocok dengan kebutuhan kulit setiap hari. Kenali kulit dan masalahnya untuk menentukan jenis perawatan yang tepat. Tak perlu ragu meminta saran dari Dokter Estetika kapan saja, dimana saja. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara langsung dengan dokter. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang.