5 Relaksasi Paling Jitu Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Relaksasi Paling Jitu Sehabis Olahraga

Halodoc, Jakarta - Olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan. Setelah melakukannya, tubuh akan berkeringat dan kelelahan. Maka dari itu, pemulihan setelah olahraga menjadi hal yang penting untuk memperbaiki otot dan jaringan, serta mengembalikan kekuatan. Hal ini bahkan sangat penting setelah sesi latihan dengan beban berat.

Otot-otot manusia butuh waktu 24-48 jam untuk mengembalikan ketegangannya. Ketika kamu berolahraga terlalu cepat, jaringan akan lebih rentan rusak. Untuk rutinitas latihan beban, kamu disarankan untuk tidak melatih bagian otot yang sama selama dua hari berturut-turut.

Ada banyak metode pemulihan yang dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang direkomendasikan oleh dokter-dokter untuk merelaksasi tubuh:

  1. Meditasi

Salah satu hal yang dilakukan untuk relaksasi setelah olahraga adalah meditasi. Kegiatan tersebut dapat menjadi kebiasaan yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Meditasi juga dapat membantu kamu untuk menjaga keseimbangan, menurunkan tekanan darah, dan membantu pemulihan.

Setelah melakukan aktivitas intens, duduk dan bermeditasi dapat mengembalikan tubuh ke semula dan mengurangi stres pada sendi dan otot. Meditasi juga dapat membuat pernapasan menjadi sehat, sebab pernapasan penting untuk seseorang yang telah melakukan olahraga berat.

  1. Berdiam Diri di Sauna

Berdiam diri di sauna juga dapat menjadi relaksasi seusai berolahraga. Sauna mengeluarkan panas dan dapat mengendurkan otot-otot yang lelah setelah berolahraga. Stres akan perlahan menghilang ketika otot yang tegang menghilang karena panas. Sauna tidak hanya dapat membuat kamu nyaman, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Panas dari sauna juga dapat membantu otot untuk menghilangkan asam laktat dan mengembalikan kebugaran tubuh. Selain itu, panas dapat membantu membakar sedikit lemak. Walau begitu, tetap pastikan untuk berdiam diri di sauna ketika tidak ada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan otot.

  1. Berendam di Air Panas

Hal lain yang dapat digunakan untuk membuat tubuh menjadi relaks setelah berolahraga yaitu dengan berendam di bak mandi yang berisi air panas. Kegiatan ini dapat dikatakan bagus untuk tubuh, karena kelembapan yang dihasilkan oleh uap dapat mengendurkan otot-otot yang tegang lebih cepat dibandingkan dengan sauna. Berendam di air panas juga terasa lebih baik, karena ada sensasi pijatan yang dihasilkan oleh air.

Air panas dapat langsung menuju titik-titik otot yang tegang dan menjangkau seluruh bagian tubuh, seperti leher dan punggung. Jika kamu ingin cepat merasa bugar setelah berolahraga, ada baiknya berendam di air panas karena efeknya akan terasa langsung oleh otot-otot yang tegang.

  1. Pijat

Pijat juga dapat menjadi hal yang dapat merelaksasi tubuh setelah berolahraga. Pijatan juga dapat membantu tubuh untuk melepaskan ketegangan dan kekakuan pada otot-otot yang cenderung meningkat ketika berolahraga. Pemijatan dengan krim yang menghasilkan panas juga dapat menjadi pilihan yang bagus, karena dapat melepaskan stres dan ketegangan otot. Pijat juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti juga mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan juga meningkatkan kewaspadaan tubuh.

  1. Menonton Film atau TV

Mungkin saja hal ini seperti tidak ada hubungannya dengan relaksasi tubuh setelah berolahraga atau pun dengan kesehatan dan kebugaran. Namun, menonton film atau tv dapat merelaksasi pikiran kamu. Selain menonton, membaca buku atau bermain video game juga cara yang bagus untuk membuat otot dan pikiran menjadi relaks. Terkadang memang lebih baik untuk menghabiskan sedikit waktu menonton tv dan menghilangkan rasa penat dalam pikiran.

Itulah 5 relaksasi paling jitu setelah olahraga. Jika kamu membutuhkan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk berolahraga sehari-hari, kamu bisa memanfaatkan fitur Apotek Antar di Halodoc untuk membelinya. Pesananmu akan sampai di tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Praktis kan? Ayo, download sekarang aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: