22 February 2018

Sauna dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

Sauna dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

Halodoc, Jakarta – Kamu termasuk penggemar suana? Kamu boleh senang, karena kegiatan yang satu ini punya banyak manfaat untuk jantung, lho. Sauna biasanya dilakukan dalam sebuah ruangan yang memilki suhu kurang lebih 65 hingga 90 derajat celcius. Umumnya seseorang akan menghabiskan waktu sekitar 15 hingga 30 menit di dalam ruangan sauna. Meski identik dengan pusat kebugaran, karena biasanya seseorang akan masuk ke dalam ruangan sauna setelah berolahraga, terutama berenang, tapi ternyata sauna punya manfaat kesehatan.

Jika dilakukan dengan cara-cara yang tepat, sauna ternyata bisa memberi manfaat kesehatan bagi jantung. Sebuah penelitian menyebut bahwa rutin sauna dua hingga tiga kali dalam satu minggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 27 persen.

Manfaat sauna untuk jantung didapat dari respon tubuh terhadap panas yang dipancarkan dari batu sauna. Sebab panas tersebut dapat meningkatkan irama jantung dan melebarkan pembuluh darah. Selain itu, otot polos pada pembuluh darah pun akan menjadi lebih relaks sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain memberi manfaat dan menjaga kesehatan jantung, masih ada hal baik lain yang bisa didapat dari sauna. Apa saja?

  1. Tubuh Lebih Rileks

Menghabiskan waktu di ruang sauna ternyata bisa membuat tubuh lebih rileks. Karena ada udara panas yang melaju ke pembuluh darah, dan pada gilirannya mengalirkan darah ke kulit serta membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Suhu panas dari sauna akan merangsang sejumlah otot di tubuh menjadi lebih rileks, termasuk otot wajah dan leher. Selain itu, selama “menghadapi” panas, sistem saraf simpatis akan lebih aktif untuk mempertahankan keseimbangan suhu tubuh. Proses ini akan melibatkan sejumlah hormon yang bisa membiri tubuh rasa senang.

  1. Anti Nyeri

Terapi panas lewat sauna ternyata juga ampuh sebagai anti nyeri. Terutama bagi seseorang yang mengidap fibromyalgia dan lyme disease. Sebab sauna dapat menurunkan rasa nyeri hingga 78 persen jika membiasakan sauna setidaknya 3 minggu sekali.

Sebuah penelitian lain menyebut sauna dapat membuat tubuh menjadi lebih tidak peka terhadap nyeri. Sehingga rasa sakit dan kekakuan pada sendi mungkin akan jarang dialami. Bahkan rutin melakukan sauna disebut dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot.

  1. Menurunkan Berat Badan

Khasiat ajaib lain dari sauna adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Karena berada dalam waktu yang cukup lama di dalam ruangan panas dapat membantu menghilangkan “berat air” yang ikut berkontribusi dalam menciptakan angka di timbangan.

Namun, untuk menghindari terjadinya dehidrasi, pastikan untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang setelah melakukan sauna. Selain itu, panas dari sauna pun dapat merangsang jantung berdetak lebih cepat sehingga pembakaran kalori pun terjadi lebih banyak selama di kamar sauna. Kendati demikian, sauna tidak bisa dijadikan satu-satunya hal yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Apalagi efek yang diberikan tidak terlalu besar, namun layak dimasukkan sebagai “kegiatan sehat” saat menurunkan berat badan.

  1. Membantu Detoksifikasi

Saat berada di ruang sauna, pori-pori kulit akan mengeluarkan keringat. Hal ini adalah satu proses detoksifikasi alias pengeluaran racun dari dalam tubuh. Sebab bersama keringat biasanya zat-zat racun pada tubuh akan keluar.

Kendati memberi banyak manfaat sehat, namun perlu ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan sauna. Jangan sampai terlalu lama karena tak hanya bisa berdampak pada kulit, tapi juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi karena terus berkeringat.

Perhatikan pula petunjuk keaman lain sebelum memasuki ruangan sauna. Lakukan sesuai petunjuk untuk mendapat manfaat sehat dari sauna secara keseluruhan. Jangan lupa bantu tingkatkan tubuh dengan asupan vitamin. Kamu bisa membelinya dengan mudah lewat layanan antar di aplikasi Halodoc. Vitamin atau produk kesehatan lain yang kamu butuhkan akan diantar dalam waktu  satu jam! Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play.