29 June 2018

5 Selebriti yang Bertarung Melawan Depresi

cara mengatasi depresi

Halodoc, Jakarta – Depresi adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Pada dasarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang berujung dengan penyakit mental tersebut. Tak terkecuali pada tokoh-tokoh ternama, seperti selebriti.

Tahun 2017, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa angka depresi di dunia mengalami peningkatan hingga 18 persen. Bahkan, WHO menyebut bahwa depresi diprediksi menjadi nomor dua paling mematikan di dunia pada tahun 2020 mendatang.  

Nyatanya ada sederetan nama selebriti yang sangat dekat dengan depresi. Bahkan, dunia sempat digemparkan dengan artis depresi yang berakhir dengan bunuh diri. Sebut saja Audrey Hepburn, Robin Williams, hingga vokalis band Linkin Park, Chester Bennington.

Meski ada sederet nama artis yang memutuskan untuk mengakhiri hidup karena depresi, banyak juga yang berhasil bertahan dan melawan kondisi tersebut. Yuk cari tahu siapa saja selebriti yang bertarung melawan depresi dan ambil pelajaran dari kisah mereka!

1. Owen Wilson

 

 

Owen pernah menyampaikan bahwa pada tahun 2007, ia pernah melakukan percobaan bunuh diri. Pria yang dikenal memiliki kepribadian santai dan lucu ini ternyata pernah berada dalam kondisi yang membuat dirinya merasa depresi. Tekanan kerja, stres, hingga kecanduan obat terlarang pernah membuat dirinya harus mendapat rehabilitasi sebanyak dua kali.

2. Demi Lovato

 

 

Penyakit mental ternyata juga pernah menghantui aktris dan penyanyi Demi Lovato. Bahkan, ia sempat dilarikan ke klinik rehab dan menjalani pengobatan hingga tiga bulan. Tak lama setelah itu, Demi mengungkapkan bahwa ia mengidap anoreksia, bulimia, dan bipolar disorder tipe II. Gangguan mental yang dialami Demi membuat dirinya kesulitan untuk mengontrol emosi dan tindakannya.

Kini, Demi mengaku sudah merasa lebih baik dan bisa kembali menjalani kehidupan bersama keluarga. Tak hanya itu, artis Disney tersebut juga sangat terbuka mengenai pengalamannya. Keterbukaan Demi ini menjadi dukungan bagi orang-orang yang masih harus berjuang melawan depresi.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Depresi pada Remaja Perempuan

3. Adele

 

 

Penyanyi yang satu ini ternyata juga pernah melewati masa depresi, yaitu tak lama setelah ia melahirkan. Dalam sebuah wawancara, Adele mengaku sangat dikelilingi rasa takut dan tertekan setelah dirinya melahirkan anak.

Depresi yang dialami Adele juga berpengaruh pada kehidupan sosialnya. Dia mengaku sempat tidak berbicara dengan siapapun selama berada dalam gangguan tersebut.

Baca juga: 5 Penyebab Depresi yang Sering Diabaikan

4. Jim Carrey

 

 

Aktor yang dikenal dengan kejenakaaan dan kepiawaiannya dalam memainkan peran ini ternyata pernah menjadi “pasien depresi”. Jim Carrey disebut pernah mengonsumsi Prozac, yaitu jenis obat untuk mengatasi depresi hingga bulimia. Dia mengonsumsi obat tersebut dalam waktu yang sangat lama.

Depresi yang ia alami disebut-sebut ada kaitan dengan kematian kekasihnya kala itu, Cathriona White. Namun ia kini berhasil mengatasi penyakit mental tersebut dengan menjalani hidup yang lebih spiritual.

5. Miley Cyrus

Miley Cyrus termasuk dalam daftar artis yang terbuka perihal penyakit mental yang dialaminya. Ia mengaku mengalami masa di mana dirinya merasa amat tertekan dan memilih untuk menarik diri dari dunia. Miley mengaku pernah mengunci dirinya sendiri di dalam kamar dan mengakibatkan ayahnya harus mendobrak pintu.

Penyanyi ini menyebut, banyak orang yang pada akhirnya menjadi depresi karena tidak tahu bagaimana cara merasakan sedih. Sebab pada dasarnya, merasa sedih bukanlah hal yang salah.

Baca juga: Disebut sebagai Orientasi Seksual Baru, Apa Itu Panseksual?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat dan dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan. Yuk, download segera di App Store dan Google Play.