07 June 2018

5 Suplemen yang Dibutuhkan Saat Berpuasa

5 Suplemen yang Dibutuhkan Saat Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Selama berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan zat gizi dan air, terutama mineral dan vitamin. Terlebih jika kamu tidak memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat berbuka maupun sahur. Tentu saja, kondisi ini akan membuat tubuh kamu cepat merasa lelah, lesu, dan lemas. Pada akhirnya, penyakit pun akan mudah masuk dan menyerang.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan asupan nutrisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Jika perlu, kamu bisa mengonsumsi vitamin untuk mendukung daya tahan dan kebugaran tubuh. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis suplemen saat buka puasa yang bisa kamu konsumsi:

Vitamin C

Vitamin C menjadi jenis vitamin yang amat penting untuk medukung aktivitas tubuh sehati-hari, terlebih saat kamu berpuasa. Vitamin C adalah sumber antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas pada tubuh, juga meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kamu akan terlindungi dari berbagai penyakit yang sering menyerang ketika puasa.

Vitamin A

Suplemen saat buka puasa berikutnya adalah vitamin A. Kamu pasti bertanya-tanya, mengapa vitamin A juga dibutuhkan oleh tubuh saat puasa? Jawabannya sederhana, selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga berperan sebagai penunjang daya tahan tubuh, sama seperti vitamin C. kandungan beta karoten pada vitamin A akan membuat kornea dan retina mata berfungsi dengan lebih baik ketika kamu berpuasa.

(Baca juga: 6 Macam Buah Berprotein Tinggi yang Baik Saat Berpuasa)

Vitamin D

Saat berpuasa, perut yang tidak terisi oleh makanan dan minuman tentu akan memengaruhi kondisi emosi kamu. keadaan lapar dan dahaga akan membuat kamu menjadi mudah marah. Inilah manfaat dari mengonsumsi vitamin D selama kamu berpuasa.

Tak hanya itu, vitamin D juga berperan dalam perkembangan dan kinerja otak dengan merilis hormon serotonin dan dopamin. Proses ini hampir sama dengan cara kerja dari beberapa obat antidepresan yang meningkatkan produksi hormon monoamine pada otak untuk mengurangi depresi.

Seng atau Zinc

Supaya tubuh tetap sehat, kamu juga harus memperhatikan asupan mineral tubuh, salah satunya adalah kadar seng atau zinc. Mineral ini disinyalir dapat membantu sistem imunitas tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh saat tubuh tidak menerima asupan makanan atau cairan.

Saat puasa, kadar seng dalam tubuh akan berkurang. Kondisi inilah yang membuat tubuh kamu mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan karena zinc sendiri memiliki peran yang cukup penting terhadap kinerja kognitif, psikososial, dan motorik pada orang tua dan anak-anak. Jika tubuh tidak menerima asupan zinc, akan terjadi ketidaksinkronan pada sel tubuh kamu.

(Baca juga: 4 Tips Tetap Berenergi Saat Puasa)

Yodium

Suplemen saat buka puasa terakhir yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah Yodium. Fungsi dari mineral satu ini adalah menjaga metabolisme sel tubuh sekaligus memelihara fungsi tiroid. Rendahnya asupan yodium akan mengakibatkan tubuh rentan mengalami hipotiroidisme. Gejalanya antara lain tubuh menjadi mudah lelah, berat badan yang meingkat, dan susah buang air besar atau sembelit selama kamu berpuasa.

 

Nah, itu tadi beberapa jenis suplemen saat buka puasa yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Pastikan kamu tidak kekurangan salah satunya ya. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka. Kalau kamu membutuhkan vitamin A, C, atau D, kamu bisa membelinya langsung melalui aplikasi Halodoc. Dalam waktu satu jam, semua pesanan kamu akan tiba di alamat tujuan. Aplikasi Halodoc bisa kamu download di ponsel iPhone atau Android.