02 November 2017

5 Tips Atasi Morning Sickness

5 Tips Atasi Morning Sickness

Halodoc, Jakarta - Mual dan muntah di awal kehamilan yang dirasakan ibu di awal kehamilan adalah hal yang biasa. Ini disebut dengan morning sickness atau Nausea and Vomiting of Pregnancy (NVP). Meski disebut dengan morning sickness, namun sebenarnya ibu merasakan mual dan muntah hampir sepanjang hari. Gejala ini adalah hal yang wajar terjadi dalam kehamilan. Biasanya, rasa mual dan muntah ini memuncak pada pagi hari sehingga disebut dengan istilah morning sickness.

Morning sickness memang membuat ibu menjadi tidak nyaman, namun bukan berarti ini jadi penghalang untuk menjaga kesehatan saat hamil. Ada 5 tips yang bisa dilakukan ibu untuk mengatasi morning sickness agar tetap sehat di awal kehamilan. Walau tidak dapat menghilangkan morning sickness secara keseluruhan, namun setidaknya ibu bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

1.  Pastikan Perut Terisi Makanan
Seringkali ibu tidak bisa makan dengan alasan mual ketika tahap awal kehamilan. Padahal, masa-masa ini sangat rentan untuk kandungan sehingga ibu butuh asupan yang cukup untuk janin. Cara menyiasatinya adalah dengan menghindari makanan-makanan yang panas, karena makanan jenis ini memiliki aroma yang kuat. Sebaiknya pilih menu makanan dingin dan segar yang aromanya tidak menusuk hidung. Lalu pastikan juga ibu untuk makan setiap dua jam sekali, terutama ketika ibu baru bangun tidur. Jangan langsung memulai aktivitas, namun isi dulu perut dengan makanan.

Yang terpenting bagi ibu hamil adalah dengan makan sedikit namun sering. Makanan yang dipilih juga harus mengandung nutrisi yang cukup sehingga baik untuk perkembangan janin dalam kandungan. Kalau perlu, buat jadwal untuk mengatur kapan ibu harus makan agar nutrisi tetap terpenuhi.

2.   Hindari Dehidrasi
Bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness, rasanya semua makanan dan minuman itu “salah” karena membuat mual. Bahkan air putih biasa pun bisa menimbulkan rasa mual pada ibu. Nah, kalau sudah begini ibu bisa terancam dehidrasi. Jadi siasati dengan mengonsumsi buah segar seperti semangka, apel, dan jeruk. Buah-buahan ini mengandung air sehingga dapat menambah asupan cair untuk ibu hamil. Ibu juga bisa meminum air jahe atau peppermint yant meredakan mual.

3.  Lebih Rileks
Bagi ibu yang bekerja, tuntutan pekerjaan sehari-hari bisa membuat stres dan lelah. Sehingga bukan tidak mungkin ketika baru bangun di pagi hari, ibu langsung kepikiran soal pekerjaan. Nah, di awal kehamilan, cobalah untuk lebih rileks dengan menyampingkan sejenak rutinitas bekerja. Ini juga bisa membantu untuk meredakan morning sickness, lho.

4.  Pilih Arima Segar
Rasa mual ibu hamil bisanya dikarenakan oleh bau, sehingga membuat hidung jadi sensitif. Sebaiknya, gunakan aromaterapi dengan aroma yang menyegarkan seperti aroma buah-buahan atau bunga sesuai dengan keinginan ibu.

5.  Jahe dan Pepppermint
Jahe dan peppermint punya manfaat super bagi ibu hamil untuk usir rasa mual yang mengganggu. Kreasikan menu makanan atau minuman dengan jahe atau peppermint agar lebih nyaman dan tidak membuat mual. Namun, sebelum menggunakan bahan ini bicarakan dulu pada dokter untuk mengetahui takaran yang pas, ya.


Jika ibu membutuhkan saran kesehatan dari dokter mengenai kondisi kesehatan kandungan. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan seperti vitamin dan suplemen dengan Halodoc. Pesanan akan siap diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.