21 August 2017

5 Tips Hubungan Asmara Selalu Harmonis

5 Tips Hubungan Asmara Selalu Harmonis

Halodoc, Jakarta - Hubungan asmara tidak selalu berjalan manis, ada saat dimana pasangan menghadapi masalah. Kemampuan untuk bertahan melewati masalah itulah yang nantinya menjadi kunci bagi sebuah hubungan yang harmonis.

Tidak selalu hubungan yang lama terjalin antara kamu dan si Dia dapat menjamin bahwa tak ada masalah. Ini karena sebenarnya, masalah yang dihadapi pasangan justru bisa membuat fondasi asmara semakin kuat apabila disikapi dengan benar.

Agar hubungan kamu dan si Dia tetap harmonis, yuk ikuti 5 tips berikut ini:

1.  Pendengar yang Baik
Tidak mudah untuk menjadi pendengar yang baik. Namun dalam hubungan asmara, kebiasaan yang satu ini haruslah bisa kamu lakukan. Setiap orang termasuk pasangan kamu membutuhkan ruang untuk bisa menyampaikan keluh kesahnya. Tak hanya mengenai masalah asmara diantara kamu dan pasangan saja, namun juga masalah dalam kesehariannya di luar rumah.

Ketika pasangan mengutarakan isi hatinya, berusahalah untuk mendengarkan dan memahami masalahnya. Jangan memotong pembicaraan karena dapat membuat pasangan merasa kesal dan emosional. Ini berlaku dalam semua pembicaraan, baik mengenai asmara atau keseharian.

2.  Bahagia Bersama
Luangkan waktu untuk bersenang-senang bersama pasangan. Waktu yang kamu habiskan dengan si Dia dapat menjadi momen tepat untuk membuat kenangan indah bersama. Tak perlu pergi jauh untuk liburan, kamu bisa menghabiskan waktu akhir pekan bersama dengan camilan sehat dan acara komedi kesayangan. Tertawa bersama bagi sebuah pasangan bisa juga menjadi terapi hubungan untuk menjadi lebih dekat dan intim, seperti dilansir dari AllWomensTalk.

3.  Berani Ucap Maaf
Jangan malu mengakui kesalahan hanya karena kamu gengsi. Rasa kesal yang menumpuk bisa menyebabkan ledakan emosi yang lebih besar apabila tidak diatasi secara tepat. Jika kamu atau pasangan berbuat kesalahan, maka jangan segan untuk meminta maaf. Memang tidak mudah, apalagi jika dalam hati kamu masih merasa kamu yang benar. Namun dekimian, permintaan maaf merupakan salah satu cara untuk mempertahankan hubungan yang harmonis. Bicarakan baik-baik mengenai masalah yang dihadapi bersama tanpa perlu saling menyalahkan. Namun apabila benar-benar melakukan kesalahan, maka segera minta maaf dengan tulus, ya.

4.  Saling Melengkapi
Agar hubungan asmara harmonis sangat penting untuk kamu dan pasangan untuk menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tak ada pasangan yang sempurna, masing-masing memiliki kekurangan yang bisa disempurnakan dengan saling mengisi satu sama lain. Jadi, janganlah menuntut pasangan kamu untuk berubah atau melakukan hal-hal yang tidak sukai hanya untuk menyenangkan hati kamu.

Karena sebaliknya, tentu sulit bagi kamu untuk memenuhi keinginan pasangan apabila hal yang diminta tidak sesuai dengan kepribadian kamu. Jadi agar hubungan asmara kamu dan si Dia sempurna, belajarlah untuk saling melengkapi kelebihan dan kekuarangan masing-masing, ya.

5.  Setuju untuk Tidak Setuju
Masing-masing memiliki opini berbeda dalam menghadapi sebuah masalah. Tak terkecuali bagi kamu dan pasangan. Oleh karena itu, belajarlah untuk menghormati keputusan dan pendapat masing-masing. Utarakan keinginan dan masalah kamu lalu minta hal yang sama pada si Dia. Tak perlu diselesaikan dengan cara berpisah, namun dengan cara memahami. Kamu dan si Dia bisa setuju untuk tidak setuju dengan cara berkompromi satu sama lain. Perbedaan ini justru akan bisa membuat ikatan antara kamu dan pasangan makin kuat. Kamu bisa tahu apa yang pasangan tidak suka dan juga sebaliknya. Jadi kamu dan si Dia pun bisa lebih saling memahami.

Komunikasi adalah kunci hubungan yang harmonis. Jadi ingat untuk selalu bicarakan masalah apapun dengan pasangan agar dapat lebih mengenal dan memahami, ya.


Apabila membutuhkan saran dari ahli psikologi saat menghadapi masalah dengan pasangan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ada dokter ahli psikologi dan kejiwaan yang siap memberikan saran terbaik untuk setiap masalah yang dihadapi. Yuk, hubungi dokter pilihan kamu dan mulai berdiskusi dengan Chat, Video Call, atau Voice Call. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang kamu butuhkan melalui Halodoc, lho. Hanya dengan smartphone pesanan kamu pun bisa siap diantar ke rumah atau kantor. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang.