09 May 2018

5 Tips Makan Sehat untuk Pekerja Kantoran

5 Tips Makan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Halodoc, Jakarta – Aktivitas dan beban pekerjaan yang padat sering kali membuat para pekerja kantoran melupakan jadwal makannya. Belum lagi kalau letak kantor jauh dari area kantin, makin malas rasanya berjalan kaki untuk sekadar membeli makan siang. Pada akhirnya, mereka pun lebih memilih mengonsumsi aneka makanan instan. Padahal, tubuh perlu cukup nutrisi agar tetap sehat dan berenergi.

Studi menunjukkan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan instan atau tidak bernutrisi akan membuat tubuh rentan mengalami obesitas, hipertensi, dan kolesterol. Dalam jangka panjang, penyakit-penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes pun rentan menyerang.

Membawa bekal menjadi salah satu solusi terbaik untuk tetap menjaga asupan gizi tubuh. Namun, bagaimana kalau kamu tidak sempat menyiapkan bekal? Tak masalah, ikuti saja tips makan sehat berikut ini:

 

  • Selalu Sempatkan Sarapan

 

Berangkat terlalu pagi ke kantor membuat para pekerja melewatkan sarapan. Padahal, sarapan amat penting untuk membuat tubuh tetap berenergi. Tak hanya itu, sarapan juga membuat pikiran lebih fokus, sehingga rasa kantuk tidak mudah menyerang sebelum waktu makin siang.

Kalau tidak sempat menyantap sarapan di rumah, tidak ada salahnya untuk membelinya di area sekitar kantor. Tak perlu nasi, sepotong roti dan susu pun sudah cukup untuk membuat tubuh tetap berenergi dan produktif.

(Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Mengobati Kanker Prostat)

 

  • Pilih Camilan Sehat

 

Lapar sebelum makan siang atau saat sore menjelang adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, selalu sedaiakan camilan agar perut tidak terlalu kosong saat waktu makan tiba. Namun, camilan yang kamu makan tak boleh sembarangan. Buah-buahan, jus, atau air kelapa bisa menjadi pilihan tepat. Camilan sehat ini tak hanya mengenyangkan, tetapi juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH dan asupan cairan tubuh agar tidak mudah dehidrasi.

Selain buah, makanan lain yang bisa kamu konsumsi untuk mengisi jeda antara jam makan adalah kacang-kacangan, susu atau keju rendah lemak. Kandungan protein pada jenis camilan ini akan menjaga tubuh kamu agar tetap berenergi hingga waktu makan tiba.

 

  • Batasi Asupan Kafein dan Teh

 

Pasti beberapa dari kamu sangat ketergantungan dengan kafein. Rasanya, kepala akan pusing dan sulit untuk berkonsentrasi kalau tidak minum kopi setiap harinya. Tidak salah, kok, asalkan konsumsinya tidak berlebihan. Mengapa? Karena terlalu banyak kafein justru akan menghambet kinerja otak.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih teh hijau. Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas serta meningkatkan proses metabolisme tubuh.

 

  • Pola Makan Teratur

 

Tips makan sehat berikutnya adalah tetap menjaga pola makan dengan teratur. Jangan sampai kamu terlambat atau bahkan melewatkan jam makan, terutama makan siang. Kamu perlu beristirahat dan mengisi kembali energi pada tubuh sebelum kembali berkonsentrasi pada pekerjaan. Jadwal makan yang tidak teratur akan membuat tubuhmu rentan mengalami kegemukan, karena rasa lapar yang berlipat membuat kamu akan makan dengan kalap.

(Baca juga: 4 Pilihan Makanan untuk Pengidap Asam Urat)

 

  • Lapar atau Haus?

 

Perut tiba-tiba terasa lapar? Jangan langsung makan atau ngemil. Bisa saja, kamu hanya sedang merasa haus, bukan lapar. Saat merasa haus, tubuh memberi tanda yang nyaris sama dengan ketika kamu merasa lapar. Cara mengatasinya tidak sulit, saat perut berbunyi, cobalah untuk meneguk segelas air, dan tunggu hingga 10 menit. Kalau ternyata setelah minum kamu masih merasa lapar, berarti kamu memang perlu makan.

 

Itu tadi lima tips makan sehat untuk pekerja kantoran demi menjaga asupan nutrisi dan kesehatan tubuh. Jangan lupa konsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Sekarang, kamu bisa membeli vitamin tanpa perlu keluar rumah, cukup menggunakan aplikasi Halodoc. Tak hanya itu, Halodoc juga menyediakan fitur live chat dengan dokter ahli dan melakukan cek lab. Yuk, download sekarang juga!