24 May 2018

5 Tips Memilih Pencuci Wajah Terbaik

5 Tips Memilih Pencuci Wajah Terbaik

Halodoc, Jakarta – Membersihkan wajah merupakan salah satu langkah yang cukup penting saat merawat wajah. Selain membersihkan wajah dari riasan, membersihkan wajah juga dirasa penting saat akan melakukan riasan pada wajah. Saat ini banyak sekali jenis pencuci wajah yang dijual di pasaran. Namun, kamu harus mengetahui cara memilih pencuci wajah yang tepat untuk wajah kamu. Berikut ulasannya:

 

  • Kenali Jenis Kulit Wajah Terlebih Dahulu

 

Pastikan kamu mengetahui jenis kulit wajah kamu. Jika kamu memiliki kulit wajah yang kering, sebaiknya kamu gunakan pembersih wajah untuk jenis kering. Jika kamu menggunakan pembersih wajah yang memang bukan untuk jenis kulit wajah kamu, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah untuk wajah kamu. Kulit wajah kamu bisa mengalami iritasi seperti pengelupasan kulit wajah.

 

  • Cek Kandungan pada Pembersih Wajah

 

Setelah kamu mengetahui jenis kulit wajah kamu, kamu juga harus mengetahui kandungan yang ada dalam pembersih wajah. Sebaiknya pilih pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami agar memberikan manfaat baik bagi wajah kamu. Selain itu, hindari pembersih wajah yang memiliki kandungan yang cukup keras. Selain bisa membuat wajah kamu iritasi, kemungkinan kandungan yang cukup keras juga bisa membuat wajah kamu terlihat kering atau kusam. Beberapa kandungan pembersih wajah yang harus dihindari adalah Natrium Laureth Sulfate (SLES), Natrium Lauryl Sulfat (SLS), mentol, dan juga alkohol.

 

  • Sebaiknya Mencari Ulasan Mengenai Produk Pembersih Wajah yang Akan Digunakan

 

Jangan ragu untuk membaca ulasan dari beberapa orang yang menggunakan produk pembersih yang sama dengan kamu. Jika banyak orang-orang yang memberi respon positif, kamu boleh mencoba. Namun, jika respon pemakai cukup negatif, sebaiknya kamu teliti lagi apa yang membuat ulasan pembersih wajah ini kurang memuaskan.

Pembersih wajah yang tidak cocok pada jenis kulit kamu akan memberikan efek samping yang buruk kedepannya. Jika ada teman kamu yang sudah menggunakan sebelumnya, sebaiknya kamu minta pendapat mengenai barang tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencoba atau meminta sampel kecil sebelum kamu membeli dalam ukuran yang sebenarnya.

 

  • Lihat Perubahan pada Wajah

 

Jika kamu telah memutuskan untuk menggunakan pembersih wajah tersebut, kamu bisa memperhatikan perubahan yang ada pada wajah kamu. Jika setelah kamu menggunakan pembersih wajah dan kamu merasa kulit wajah kamu malah semakin tidak membaik, sebaiknya hentikan pembersih wajah tersebut. Namun, jika kamu menggunakan pembersih wajah tersebut dan kamu merasa ada perubahan baik pada wajahmu, kamu bisa melanjutkan pemakaian dari pembersih wajah yang kamu pilih. Setelah itu, kamu juga bisa mencari toner yang tepat untuk kamu gunakan setelah membersihkan wajah kamu, agar wajah kamu semakin bersinar.

 

  • Cek Kebersihan Wajah dengan Penggunaan Toner

 

Sebaiknya untuk merawat kesehatan kulit wajah, kamu juga perlu melakukan dua kali pembersihan wajah. Setelah membersihkan wajah dengan pembersih wajah pilihanmu, sebaiknya kamu cek kembali kebersihan wajah dengan menggunakan toner. Kamu bisa menggunakan kapas yang sudah kamu beri toner, kemudian usapkan kembali pada wajah yang akan kamu bersihkan. Jika masih ada sisa riasan pada kapas, artinya pembersih wajah kamu tidak maksimal dalam membersihkan wajahmu.

(Baca juga: 7 Cara Hilangkan Keriput Wajah)

Untuk memilih pembersih wajah, sebaiknya pilihlah produk yang paling nyaman di wajah dan cocok dengan jenis kulit kamu. Jangan tergoda dengan merek yang sudah terkenal, tapi pilihlah yang kandungannya paling cocok dengan kulit wajah kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk tanya dokter mengenai pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!