23 May 2018

5 Tips Menjaga Kecantikan Saat Hamil

5 Tips Menjaga Kecantikan Saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Menjaga kecantikan saat hamil seringkali jadi masalah buat para ibu hamil. Sistem kerja hormon yang memberikan perubahan fisik dan mood kerap mengganggu aktivitas ibu hamil dalam merawat kecantikannya. Namun, menurut penelitian justru ibu hamil yang menginjak usia 36 minggu terlihat seksi dan bercahaya disebabkan karena kadar estrogen dan progesteron yang meningkat. Hal inilah yang akan menjadi daya tarik bagi para pria.

Meskipun begitu, ibu hamil seringkali merasa dirinya berantakan, aroma yang tidak segar, serta kurang menarik secara fisik karena berat badan yang bertambah. Untuk itu, tidak ada salahnya ibu hamil melakukan perawatan untuk menjaga mood dan perubahan suasana hati. Berikut adalah tipsnya yang simple untuk diaplikasikan. (Baca juga: Tips Aman Puasa bagi Ibu Hamil)

  1. Keramas atau Lakukan Creambath

Biasanya karena terbawa mood yang jelek, ibu hamil males untuk keramas sehingga rambut terasa lepek dan berminyak. Karenanya, ibu hamil harus semangat melawan mood jelek tersebut. Kalau males untuk keramas sendiri, sesekali manjakan diri dengan creambath di salon yang ternyata bermanfaat juga memperbaiki mood dan suasana hati.

  1. Masker Wajah

Biasanya, perubahan hormon pada ibu hamil membuat wajah bisa merah-merah atau malah jerawatan. Nah, untuk menjaga kecantikan saat hamil, penting juga ibu hamil untuk melakukan perawatan wajah seperti mengaplikasikan masker wajah. Tidak usah yang ribet-ribet, cukup simple saja seperti masker mentimun, lidah buaya, atau tomat yang juga bisa jadi sarana relaksasi buat ibu. Supaya semakin rileks, ada baiknya sembari melakukan masker wajah, ibu hamil mendengarkan musik yang menenangkan juga, seperti musik klasik atau pun musik untuk meditasi. (Baca juga: 6 Manfaat Almond Bagi Ibu Hamil)

  1. Scrub Tubuh

Salah satu ritual lain yang jangan dilupakan sebagai tips menjaga kecantikan saat hamil adalah scrub tubuh. Pilih aroma yang memang bikin rileks seperti sandalwood atau jasmine, sesuatu yang bikin mood ibu hamil jadi ceria. Lakukan scrubbing sebelum mandi, sambil menyalakan lilin berwarna untuk menciptakan mood lebih nyaman lagi. Namun, tetap wajib hati-hati ya saat melakukan ritual ini, jangan lakukan pada area-area yang memancing kontraksi seperti perut, dada, punggung, tumit, dan pinggang.

  1. Massaging Kulit

Selain memberikan sensasi nyaman, melakukan pemijatan di kulit juga bisa membantu menghilangkan stretch mark yang biasa terjadi pada ibu hamil karena peregangan kulit. Pilih minyak yang memang sesuai dengan kenyamanan ibu. Olive oil adalah salah satu rekomendasi minyak untuk massaging. Sama seperti pada scrubbing, hindari area-area yang dapat memicu kontraksi sebelum waktunya.

  1. Berendam di Air Hangat

Berendam di air hangat yang sudah dibubuhi essential oil. Aktivitas ini dapat mengembalikan mood dan energi yang terkuras seharian. Beberapa pilihan aroma yang patut dicoba adalah lavender untuk menenangkan otot saraf dan mengatasi insomnia, jeruk untuk menaikkan mood, dan mint untuk memperlancar peredaran darah.

Sebenarnya yang paling penting dari sekadar tips menjaga kecantikan saat hamil adalah merawat kebersihan diri dengan rutin mandi dan mengganti pakaian bila sudah mulai keringatan. Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga rutin, karena dengan olahraga aura cantik segar alami ibu hamil dapat keluar dengan alami. (Baca juga: Yang Terjadi Ketika Ibu Hamil Menyetir Mobil)

Kalau ibu hamil ingin tahu lebih banyak mengenai tips menjaga kecantikan saat hamil, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.