25 April 2018

6 Cara Biar Enggak Malas Berolahraga

6 Cara Biar Enggak Malas Berolahraga

Halodoc, Jakarta – Awalnya sudah semangat untuk berolahraga, tapi begitu tiba hari pelaksanaannya, rasanya malas sekali untuk melakukannya. Ada saja alasan atau godaan yang bikin kamu enggan berolahraga. Kamu pernah mengalami hal ini? Tenang, kamu enggak sendiri. Masih banyak orang yang malas berolahraga meskipun sudah tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena olahraga seringkali dianggap sebagai aktivitas yang sulit dan melelahkan. Memang diperlukan niat yang kuat untuk bisa memulai olahraga secara rutin. Nah, biar kamu enggak malas olahraga, ini tipsnya.

1. Lakukan Olahraga Sefleksibel Mungkin

Jangan terpaku dengan pikiran bahwa olahraga harus dilakukan di tempat fitness dan di waktu pagi hari. Karena tidak ada aturan khusus untuk berolahraga, sehingga kegiatan ini bisa dilakukan dengan bervariasi. Kalau malas bangun di pagi hari, kamu bisa berolahraga di sore hari. Olahraga juga tidak selalu harus di tempat fitness, tapi kamu bisa berlari mengelilingi komplek perumahan, melakukan gerakan olahraga ringan di rumah, atau kamu juga bisa naik turun tangga saat berada di kantor.

2. Ajak Teman-teman

Olahraga sendirian memang bikin malas. Namun, kalau olahraga bareng teman-teman atau bahkan pacar tercinta, dijamin kamu pasti semangat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan banyak hal seru saat berolahraga bersama teman atau pacar, seperti saling membantu ketika melakukan gerakan sit-up, adu siapa yang bisa bertahan paling lama saat melakukan plank, dan lain sebagainya. (Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bareng Teman Lebih Seru)

3. Ikut Klub

Cara lain supaya kamu bisa berkomitmen untuk berolahraga secara rutin adalah dengan mengikuti klub olahraga. Dengan ikut klub, kamu bisa kenalan dengan banyak teman-teman baru yang rajin berolahraga, sehingga kamu pun bisa ikut tertular semangat mereka. Mereka juga bisa mengingatkanmu untuk datang berolahraga secara rutin ke klub. Kamu bisa minta rekomendasi klub olahraga terbaik dari teman-temanmu atau mencarinya lewat website.

4. Cari Olahraga yang Kamu Suka

Biar kamu semangat berolahraga, carilah jenis olahraga yang menurut kamu tidak sulit dan menarik untuk dilakukan. Olahraga saat ini juga sudah semakin berkembang. Banyak jenis olahraga seru yang bisa kamu lakukan, mulai dari olahraga yang menggunakan teknologi seperti 20Fit, olahraga yang menantang seperti Muay Thai dan wall climbing, sampai olahraga di alam terbuka. (Baca juga: Ter-update! Ini 6 Pilihan Olahraga Anak Muda Zaman Now)

5. Cari Alasan untuk Memotivasi Diri

Salah satu yang bikin seseorang jadi malas berolahraga adalah karena tidak punya motivasi. Jadi, pikirkanlah segala keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga dan jadikan hal-hal tersebut sebagai motivasi diri. Misalnya, dengan berolahraga rasa nyeri di tubuh yang sering kamu alami bisa hilang, kamu pun juga bisa mengurangi berat badan dan memiliki tubuh yang lebih indah dengan berolahraga. Kalau kamu lagi merasa stres, olahraga bisa jadi solusi terbaik, lho.

6. Pasang Target

Untuk memacu dirimu agar terus bersemangat berolahraga, kamu bisa memasang target per minggu yang mesti kamu capai. Misalnya, kalau kamu berhasil lari sejauh 1 kilometer minggu ini, tentukanlah target 2 kilometer untuk minggu berikutnya. Jika kamu berhasil membakar 200 kalori dengan berlari di atas treadmill minggu ini, kamu harus berhasil membakar 350 kalori minggu depan.

Berolahraga itu sangat penting agar kesehatan tubuhmu terjaga dan staminamu tetap kuat. Jadi, jangan pernah malas berolahraga ya. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen yang kamu butuhkan lewat fitur Apotik Antar di Halodoc. Jadi, kamu enggak perlu repot-repot lagi ke apotik deh. Tinggal order dan pesananmu akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.