25 April 2018

6 Cara Meningkatkan Gairah Seksual

6 Cara Meningkatkan Gairah Seksual

Halodoc, Jakarta – Pasangan suami istri dianjurkan untuk melakukan hubungan intim secara rutin, karena kegiatan seksual tersebut merupakan salah satu cara untuk menjaga keharmonisan dan kemesraan hubungan. Namun, apa jadinya bila gairah seksual menurun atau bahkan menghilang? Kondisi ini tidak hanya terjadi pada pasangan yang sudah lama menikah, tapi juga bisa dirasakan oleh pasangan yang baru menikah, lho. Menurunnya gairah seksual bisa menyebabkan berkurangnya keintiman pasangan. Jadi, jangan dibiarkan saja, ini caranya meningkatkan gairah seksual.

1. Cek Pil KB dan Obat-obatan yang Kamu Konsumsi

Gairah seksual dipengaruhi oleh hormon yang bekerja pada tubuh. Nah, beberapa jenis obat-obatan tertentu bisa memengaruhi hormon, sehingga menyebabkan menurunnya gairah seksual. Salah satunya adalah pil KB yang sering dikonsumsi wanita untuk mencegah kehamilan. Oleh karena itu, bicarakanlah dengan dokter tentang obat-obatan yang kamu konsumsi. Dokter bisa menurunkan dosis atau mengganti jenis obat dengan yang lainnya agar gairah seksualmu bisa kembali meningkat.

2. Luangkan Waktu Lebih Banyak untuk Berduaan

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu menghabiskan waktu berduaan bersama pasangan? Salah satu hal yang bisa menyebabkan gairah seksual menurun adalah karena kurangnya waktu berkualitas bersama pasangan. Hal ini biasanya terjadi pada pasutri yang dua-duanya sama-sama sibuk bekerja. Jadi, solusinya adalah luangkanlah lebih banyak waktu untuk berduaan. Kamu dan pasangan bisa memanfaatkan akhir pekan untuk menonton film di bioskop, olahraga, atau makan malam romantis untuk mengembalikan kemesraan di antara kalian. Bangunlah suasana romantis, sehingga ketika pulang ke rumah, kamu dan pasangan lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim.

3. Berpelukan

Enggak perlu memikirkan cara yang terlalu sulit untuk meningkatkan kemesraan dengan pasangan. Kamu dan Si Dia hanya perlu berpelukan di sofa saja kok ketika menonton televisi. Berpelukan minimal selama 20 detik diketahui bisa meningkatkan kadar hormon oksitosin pada pria dan juga wanita, sehingga membuat kamu dan pasangan merasa lebih dekat dan intim.

4. Jadwalkan Hubungan Intim

Meskipun kamu dan pasangan sama-sama sibuk, tapi usahakanlah untuk bercinta secara rutin. Tetapkan berapa kali dalam seminggu dan hari-hari apa saja kamu dan pasangan bisa melakukan hubungan intim.

(Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?)

5. Menjaga Pola Makan Sehat

Sering mengonsumsi makanan seperti gorengan, makanan berlemak, dan produk whole milk bisa menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri jantung yang membuat aliran darah jadi terhambat. Kondisi inilah yang bisa menurunkan gairah seksual, bahkan menyebabkan disfungsi seksual seperti impotensi.

Jadi, kamu disarankan untuk menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk meningkatkan gairah. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega-3. Makanan yang mengandung CoQ10 dan likopen juga dapat membantu meningkatkan libido. Sedangkan untuk wanita, makanan seperti cokelat, cabai, semangka, stroberi, dan jeruk baik dikonsumsi untuk menambah gairah seksual. (Baca juga: 7 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Lho!)

6. Olahraga

Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan gairah seksual, lho. Berolahraga bersama pasangan juga bisa menciptakan momen-momen romantis. Pilihlah jenis olahraga yang kamu dan Si Dia sama-sama sukai seperti lari pagi bersama, acroyoga, mendaki gunung bersama, dan lain-lain.

Punya masalah seputar kehidupan seksual? Tanyakan saja langsung pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.