6 Cara untuk Mengatasi Perut Gatal pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
perut gatal pada ibu hamil, gatal pada ibu hamil, mengatasi perut gatal pada ibu hamil, kesehatan ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, pastinya banyak perubahan yang dirasakan oleh ibu hamil. Baik perubahan secara fisik maupun mental. Salah satu perubahan yang tidak dapat dimungkiri saat masa kehamilan adalah perut ibu yang semakin membesar.

Banyak hal yang bisa ibu rasakan saat perut semakin membesar, salah satunya adalah rasa gatal yang luar biasa. Rasa gatal yang luar biasa ini disebabkan oleh hilangnya kelembapan pada kulit. Selain itu, kulit pun akan terasa kering.

Baca juga: 7 Tips Menghilangkan Stretch Mark Setelah Kehamilan

Perubahan hormon pada ibu hamil juga bisa menyebabkan bagian sekitar perut terasa gatal. Hormon estrogen yang meningkat selama hamil, nyatanya dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Namun jangan khawatir, masalah gatal pada perut akan hilang setelah persalinan.

Untuk mengurangi rasa gatal pada perut saat hamil, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Sebaiknya Hindari Menggaruk Perut

Saat perut terasa gatal, sebaiknya hindari menggaruk perut. Menggaruk bagian perut yang sedang gatal dikhawatirkan akan membuat perut iritasi bahkan luka. Sebaiknya usap-usap perut yang gatal.

2. Gunakan Pakaian yang Longgar

Saat perut sedang membesar, sebaiknya pilihlah pakaian yang nyaman dan longgar. Hal ini bisa mengurangi rasa gatal pada perut yang semakin membesar, lho. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat pada bagian perut nyatanya hanya akan membuat gesekan lebih besar pada kulit yang kering. Hal ini akan menyebabkan perut terasa semakin gatal. Jangan lupa untuk memilih pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

3. Gunakan Pelembap Kulit

Perut yang gatal saat masa kehamilan bisa disebabkan karena kulit yang kering. Sebaiknya gunakan pelembap secara rutin pada bagian-bagian yang terasa sangat kering, khususnya bagian perut. Selain menggunakan krim pelembap, ibu bisa gunakan pelembap yang berbahan alami seperti minyak zaitun. Tidak hanya untuk melembapkan kulit saja, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengurangi strechmark pada ibu hamil.

4. Hindari Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat mungkin dapat membuat ibu menjadi lebih rileks menghadapi kehamilan. Namun sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan air hangat untuk mandi. Mandi air hangat akan membuat kulit kamu kehilangan minyak alami, sehingga akan membuat kulit kamu semakin kering dan terasa semakin gatal.

5. Kompres dengan Air Dingin pada Area yang Gatal

Mengompres area perut yang gatal dengan air dingin nyatanya dapat membantu kamu menghilangkan rasa gatal. Sensasi dingin yang berasal dari kompres akan membuat ibu merasa nyaman. Setelah dikompres dengan air dingin, ibu bisa mengoleskan pelembap pada perut agar rasa gatal semakin berkurang.

6. Hindari Keluar Rumah saat Cuaca Panas

Keluar rumah saat cuaca sedang panas sebaiknya dihindari saat masa kehamilan. Cuaca panas menyebabkan kulit semakin kering akibat paparan sinar matahari. Tidak hanya hanya itu, cuaca panas akan menyebabkan ibu hamil mengeluarkan keringat lebih banyak. Tentu keringat bisa menyebabkan bakteri bersarang pada kulit yang kering. Hal ini bisa menyebabkan gatal yang semakin parah.

Baca juga: Inilah 3 Infeksi Miss V Saat Hamil

Jangan lupa gunakan aplikasi Halodoc untuk mengetahui kesehatan ibu seputar kehamilan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!