22 March 2018

6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Kantor

6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Kantor

Halodoc, Jakarta – Salah satu jenis olahraga yang semakin populer dan banyak digemari adalah yoga. Selain baik untuk mengolah tubuh, olahraga yang satu ini juga bisa memberi ketenangan pada pikiran. Tertarik melakukannya?

Sebagian besar orang sering menjadikan rutinitas dan tuntutan pekerjaan sebagai alasan untuk melewatkan olahraga. Eits tapi jangan khawatir, yoga memiliki beberapa gerakan yang terbilang sederhana, bahkan bisa dilakukan di kantor, lho.

Yuk, cek 6 gerakan yoga yang bisa kamu lakukan di sela-sela rutinitas pekerjaan yang menumpuk. Apa saja?

Gerakan 1

Salah satu gerakan yoga yang bisa dilakukan di kantor adalah posisi pohon. Pose yoga yang satu ini cukup populer, dan bisa dilakukan di mana saja. Tujuan dari pose ini adalah untuk melatih keseimbangan tubuh.

Untuk melakukan pose pohon, berdirilah dengan tegak dan santai. Kemudian, letakkan pergelangan kaki kanan pada paha atau betis kiri. Penting diingat, jangan meletakkan pergelangan kaki di betis atau bagian selain paha atau betis.

Pertahankan posisi tersebut selama 2-3 menit dan atur pernafasan. Kemudian, kembali ke posisi semula dan lanjutkan melakukan gerakan yang sama menggunakan kaki kiri ke paha sebelah kanan.

Gerakan 2

Gerakan yoga yang satu ini bisa dilakukan sambil duduk di atas kursi kerja. Hal perlu kamu lakukan adalah duduk dengan tegak dan mengatur napas terlebih dahulu. Setelah itu, silangkan salah satu kaki di atas kaki lainnya.

Kemudian, gerakkan bahu dari arah depan ke belakang seperti memutar. Lakukan gerakan ini beberapa kali dengan tubuh yang santai. Kemudian dengan punggung yang masih tegak, buat  gerakan menunduk ke arah depan sampai terasa ada kontraksi di sekitar pinggang. Tahan beberapa saat dan ulangi dengan kaki lainnya.

Gerakan 3

Masih menggunakan kursi, kamu bisa mencoba melakukan salah satu gerakan yoga. Mulai dengan duduk tegak dan putar tubuh ke arah samping. Letakkan salah satu tangan di sandaran kuris dan tangan lainnya di atas lutut.

Saat melakukan hal ini, posisikan kepala sejajar dengan bahu. Atur pernapasan selama melakukan pose ini dan rasakan kontraksi di perut. Tahan posisi untuk beberapa saat kemudian ulangi dengan bagian tangan lainnya.

Gerakan 4

Posisi ini dilakukan dengan cara meletakkan kedua tangan seperti bingkai kotak di atas kepala. Gerakan yoga ini bernama frame. Cara melakukannya adalah dengan berdiri tegak kemudian angkat kedua tangan dan tekuk hingga posisi siku berada tepat di samping kepala.

Nah, untuk mempertahankan posisi ini kaitkan jemari tangan ke bagian tangan lainnya. Ganti posisi tangan dan tarik napas sebanyak 5 kali sebelum mengubah posisi.

Gerakan 5

Gerakan yoga yang satu ini bisa dilakukan dengan alat bantu meja kerja sebagai tumpuan. Kemudian dengan tangan bertumpu pada meja, angkat kaki bagian belakang dan letakkan seluruh berat badan di bagian depan kaki.

Setelah itu, tekuk kedua lutut hingga bagian belakang menyentuh kursi. Tahan untuk beberapa saat  kemudian angkat kembali hingga posisi berdiri seperti semula. Ulangi gerakan ini sampai 5 kali.

Gerakan 6

Pose eagle twist dalam yoga juga bisa dilakukan di kantor. Posisikan kedua tangan dalam posisi twist atau  terpilin satu sama lain. Kemudian angkat tangan yang sudah menyatu ke depan wajah, secara perlahan tarik napas hingga 5 kali dan ulangi gerakan.

Menjaga kesehatan dengan berolahraga nyatanya tidak melulu membutuhkan waktu dan tempat khusus bukan. Selain olahraga, jaga pula kesehatan dengan mengonsumsi vitamin untuk kebugaran tubuh. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan  layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!