06 April 2018

6 Hal Kecil yang Bisa Tingkatkan Fokus  

6 Hal Kecil yang Bisa Tingkatkan Fokus  

Halodoc, Jakarta – Di tengah tumpukan pekerjaan, fokus yang tinggi adalah satu hal yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan tugas. Namun tak dapat dimungkiri, hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan berfokus pada satu hal dalam satu waktu. Kamu salah satunya?

Sulit berkonsentrasi memang sering menjadi satu alasan yang dapat mengganggu produktivitas seseorang. Namun, tidak perlu terlalu diambil pusing. Nyatanya, ada sejumlah kebiasaan kecil yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Apa saja?

1. Tentukan Prioritas

Salah satu penyebab sulit berkonsentrasi adalah tidak dapat mengatur pekerjaan atau tugas dengan baik. Misalnya, tidak bisa menentukan pekerjaan mana yang merupakan prioritas dan harus segera diselesaikan. Padahal, menentukan prioritas dapat membantu menurunkan kebingungan dan membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Untuk meningkatkan fokus, kamu juga harus menghindari melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu alias multi-tasking. Pasalnya, kebiasaan yang satu ini bisa memecah konsentrasi dan menghambat pekerjaan.

2. Hindari Gangguan

Agar lebih bisa berkonsentrasi dalam pekerjaan, sebaiknya kamu juga membatasi dan menghindari gangguan. Misalnya ruangan yang terlalu berisik, terlalu panas, atau mungkin gangguan lain. Karena, gangguan-gangguan ini nyatanya bisa menyebabkan kamu menjadi tidak fokus.

Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk bekerja di tempat yang minim kebisingan. Selain itu, bisa juga disiasati dengan mendengarkan musik. Sebab, mendengarkan musik bisa membantu meredamkan suara lain dan membuat seseorang lebih mudah berkonsentrasi dalam bekerja.

3. Relaksasi

Memaksakan diri yang sedang tidak fokus untuk tetap bekerja nyatanya malah bisa membuat masalah lain. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengambil sedikit waktu untuk relaksasi, misalnya dengan meditasi. Kegiatan ini berguna untuk membantu pikiran lebih tenang dan kembali pada “jalurnya”. Hal ini sudah terbukti bisa membuat otak lebih jernih dan mudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Istirahat

Untuk mengembalikan fokus, kamu perlu tahu batasan tubuh dan mengambil waktu untuk beristirahat. Selain untuk meningkatkan fokus, nyatanya otak kamu juga membutuhkan istirahat agar dapat bekerja dengan maksimal.

Cobalah untuk mengambil waktu untuk sejenak tidur. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur bisa memberikan dampak besar untuk menunjang proses belajar dan kemampuan memori. Sebaliknya, saat seseorang kurang tidur, kesulitan konsentrasi pun menjadi lebih mudah menyerang.

5.Minum air putih

Kurang minum air putih bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. Kondisi ini bisa membuat seseorang semakin sulit untuk berkonsentrasi dalam bekerja. Maka untuk menyiasati ini, sediakanlah selalu botol air minum di meja kerja kamu!

Saat tubuh kekurangan cairan, konsentrasi akan lebih mudah buyar dan bisa memicu gejala berupa pusing, lemas, dan tidak semangat untuk bekerja. Agar lebih sehat, biasakanlah untuk minum sedikitnya delapan gelas air putih setiap hari.

(Baca juga: Agar Sehat, Benarkah Orang Butuh Minum 8 Gelas Sehari?) 

6. Makan cokelat

Cokelat memiliki kandungan kafein yang bisa membantu meningkatkan fokus otak. Kandungan dalam setiap batang cokleat pun disebut mampu memberi rangsangan, salah satunya memberi rasa senang pada otak. Hal ini tentu menguntungkan dan dapat membantu seseorang menjadi lebih fokus bekerja.

Dalam jangka panjang, tingkat konsentrasi juga bisa ditingkatkan dengan menjalani pola hidup sehat, berolahraga, dan minum multivitamin. Sekarang lebih mudah untuk mendapatkan multivitamin yang dibutuhkan tubuh, yaitu dengan memensannya di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!