12 July 2018

6 Hal Yang Membuat Kesuburan Wanita Menurun

penyebab kesuburan wanita menurun,kesuburan wanita

Halodoc, Jakarta – Merencanakan kehamilan  setelah menikah ialah hal yang biasa dibahas pasangan suami istri, bahkan sebelum pasangan tersebut melakukan pernikahan. Ada pasangan yang memilih untuk menunda kehamilan lantaran tidak ingin terganggu karirnya,  tetapi ada juga pasangan yang betul-betul sudah ingin memiliki keturunan dan langsung melaksanakan program setelah menikah.

Bagi yang ingin segera cepat memiliki momongan, sebaiknya pasangan suami istri melakukan gaya hidup sehat dan mencegah hal-hal yang membuat tingkat kesuburan menurun. Nah, hal-hal yang menjadi penyebab kesuburan wanita menurun, antara lain:

  1. Pertambahan Usia

Jika sebelum menikah kamu sering ditanya kapan kiranya melangsungkan pernikahan, mungkin salah satu alasannya ialah agar tidak terlalu tua jika hamil kelak. Sebetulnya, tidak ada angka pasti yang para ahli sebutkan mengenai kapan kesuburan wanita akan menurun. Namun, mengingat menopause biasanya terjadi pada usia 50-an, sebaiknya kehamilan terjadi jauh sebelum menginjak umur tersebut. Sebab, menjelang usia menopause wanita akan mengalami gangguan kesuburan karena berkurangnya jumlah sel telur. Nah, dokter pun banyak yang sepakat bahwa mulai usia 35 tahun peluang kehamilan tersebut akan mengalami penurunan.

Baca juga: Tips Cepat Hamil untuk Wanita Super Sibuk

  1. Obesitas

Obesitas merupakan salah satu hal penyebab kesuburan wanita menurun. Hal ini terjadi karena obesitas bertanggungjawab akan menurunnya fungsi dari ovarium. Maka dari itu, jika kamu dan pasangan ingin segera memiliki pasangan, perhatikanlah pola makan yang kamu jalani. Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi, kolesterol, dan lemak, karena akan meningkatkan risiko obesitas dan beragam penyakit lain.

  1. Terlalu Kurus

Ternyata memiliki badan yang terlalu kurus pun juga mampu membuat kesuburan menurun. Hal ini terjadi lantaran postur tubuh yang terlalu kurus ternyata dapat memengaruhi hormon leptin yang memengaruhi proses menstruasi setiap bulannya. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang cukup, kalau perlu konsumsi suplemen makanan agar semakin sehat.

  1. Rokok

Merokok ternyata merupakan salah faktor juga yang memengaruhi kesuburan. Rokok dapat merusak hormon dan DNA di dalam tubuh, sehingga menjadi penyebab kesuburan wanita menurun. Tidak hanya terjadi pada perokok aktif, kamu yang merupakan perokok pasif juga berpeluang untuk terkena dampaknya. Nah, jika kamu memang hobi merokok, pastikan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini terlebih dahulu.

  1. Alkohol

Nah, kamu yang punya hobi merokok juga biasanya pasti gemar meminum minuman beralkohol. Sama seperti rokok, konsumsi alkohol juga mampu menyebabkan infertilitas. Maka dari itu, kamu yang hobi memiliki kebiasaan ini, baiknya untuk menghentikan kebiasaan ini agar dapat cepat hamil.

  1. Olahraga Terlalu Berat

Salah satu upaya menjalankan hidup sehat adalah dengan berolahraga. Namun, saat kamu merasa sangat bersemangat untuk olahraga hingga melakukannya secara berlebihan, maka hal ini juga akan mengganggu kesuburan wanita. Lakukanlah olahraga sesuai porsinya agar tidak menyiksa tubuh. Terlebih jika ingin segera mendapatkan buah hati, atur kembali jadwal olahragamu agar tidak kelelahan.

Baca juga: Tips Bercinta Saat Honeymoon Agar Bisa Cepat Hamil

Jika kamu ingin mengetahui berbagai tips agar bisa cepat hamil, kamu bisa mengonsultasikannya dengan dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat berbicara langsung melalui Video/Voice Call dan Chat dengan dokter-dokter yang selalu stand by 24 jam. Tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!