16 March 2018

6 Jenis Makanan yang Bikin Bahagia

6 Jenis Makanan yang Bikin Bahagia

Halodoc, Jakarta –  Bahagia bisa didapatkan dari banyak hal. Mulai dari melakukan hobi, olahraga, atau aktivitas lainnya. Tapi apapun pilihannya, menjadi bahagia adalah hak semua orang, termasuk kamu.

Kalau sekarang kamu lagi bad mood, kamu bisa memperbaiki suasana hati dengan mengonsumsi makanan tertentu, lho. Enggak percaya? Cari tahu enam makanan yang bikin bahagia di sini, yuk!

1. Makanan Kaya Probiotik

Kesehatan usus yang terjaga bisa bikin bahagia, kenapa ya? Ini karena sebagian besar hormon serotonin yang  berperan dalam memperbaiki suasana hati diproduksi di usus. Di mana produksi hormon tersebut dipicu oleh bakteri yang ada di usus. Jadi, mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik (bakteri baik bagi usus) juga bisa bikin kamu bahagia. Kamu bisa mendapatkan probiotik dengan mengonsumsi yogurt, tempe, keju fermentasi, dan kimchi.

2. Buah dan Sayuran

Selain menyehatkan, buah dan sayuran juga bikin bahagia. Ini disebutkan dalam studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Health Psychology. Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi buah dan sayuran bisa memperbaiki suasana hati yang dapat memengaruhi terhadap kreativitas dan produktivitas seseorang. Peneliti menduga bahwa kandungan vitamin C pada buah dan sayur dapat memicu produksi hormon dopamin yang berperan dalam memengaruhi emosi, gerakan, sensasi rasa senang, dan rasa sakit. Kandungan antioksidan di dalam buah dan sayuran juga diduga berperan dalam mengurangi radang dan melawan depresi.

3. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang bisa bikin bahagia. Ini karena sebuah studi menyebutkan bahwa protein dalam telur dapat meningkatkan kadar triptofan plasma darah. Alhasil, kadar triptofan yang tinggi dalam memicu produksi hormon serotonin, senyawa kimia yang berperan penting dalam menjaga suasana hati, menciptakan rasa tenang, dan mengurangi kecemasan.

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung banyak zat yang bisa bikin bahagia. Diantaranya adalah kandungan asam amino triptofan yang digunakan oleh otak untuk memproduksi hormon serotonin. Kandungan phenethylamine pada biji cokelat juga dapat memicu produksi hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa bahagia. Jadi, kamu enggak perlu heran jika kamu akan merasa bahagia setelah makan cokelat hitam.

5. Teh Hijau

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa seseorang yang minum teh hijau lima cangkir atau lebih memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak meminumnya. Perasaan bahagia ini juga muncul karena kandungan L-theanine yang ada di dalam teh hijau dapat memicu produksi hormon dopamin dan serotonin di dalam tubuh. Kedua hormon tersebutlah yang berperan dalam menciptakan rasa bahagia.

6. Kopi

Selain bikin kamu berenergi, kopi juga bisa bikin bahagia, lho. Ini disebutkan dalam banyak studi, salah satunya studi yang dilakukan di Universitas Harvard. Studi tersebut menemukan bahwa minum kopi dapat mengurangi stres, gejala depresi, dan bunuh diri. Studi dari Archives of Internal Medicine juga menemukan bahwa minum kopi dua kali sehari dapat mengurangi risiko depresi sebesar 20 persen.

Sambil mencari tahu jenis makanan yang bikin kamu bahagia, jangan lupa untuk memerhatikan kondisi kesehatan kamu, ya. Karena kalau kamu punya keluhan kesehatan, kamu harus segera bicara dengan dokter agar kondisi kesehatanmu segera pulih. Agar kamu tidak repot, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.