04 July 2018

6 Jenis Olahraga untuk Tulang Belakang Kuat dan Sehat

tulang belakang, olahraga tulang belakang, yoga,berenang,zumba,tulang belakang sehat

Halodoc, Jakarta –  Ada alasan khusus kenapa kamu harus menjaga tulang belakang supaya kuat dan sehat. Ini dikarenakan tulang belakang adalah bagian dari organ tubuh yang menopang keseluruhan tubuh dan aktivitas gerak tubuh. Tulang belakang yang kuat akan memberikan kemampuan membungkuk, memutar, menggerakkan leher, dan pergerakan spesifik lainnya.

Menjaga tulang belakang kuat dan sehat adalah kunci hidup sehat dan mandiri di usia tua. Salah satu cara menjaga tulang belakang yang sehat adalah dengan melakukan olahraga. Selain itu, berdiri tegak dengan postur yang tegap juga membantu tulang belakang untuk tetap berada di posisinya. Berikut adalah beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk tulang belakang kuat dan sehat. Baca juga: 5 Gangguan Kesehatan yang Diatasi dengan Fisioterapi

  1. Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat memaksimalkan fungsi tulang belakangmu. Gerakan-gerakan yoga akan melatih kelenturan dan kekuatan tulang belakang serta memberikan peregangan, sehingga memberikan ruang untuk otot-otot yang mengelilingi tulang belakang untuk bernapas dan bergerak sesuai dengan persendiannya. Beberapa pose yoga yang dapat memaksimalkan fungsi tulang belakang adalah half moon pose, balancing stick pose, cobra pose, dan lain-lain.

  1. Berenang

Selain olahraga relaksasi, berenang juga latihan yang tepat untuk tulang belakang kuat dan sehat. Gerakan renang yang mengayuh kaki dan tangan secara tidak langsung akan membantu tulang belakang selalu berada di posisinya. Selain itu, tekanan tubuh di air yang salah satunya adalah gaya renang punggung dapat memberikan kelenturan dan peregangan secara maksimal kepada tulang belakang.

  1. Lari

Kalau yoga dan berenang lebih memberikan manfaat pada kelenturan, olahraga lari bisa melatih ketahanan dan kekuatan tulang punggung. Pasalnya, lari dapat menguatkan bantalan antar ruas yang berada di tulang belakang. Sebuah penelitian dari Deakin University, Australia menjelaskan bahwa tulang punggung para pelari lebih kuat dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melakukan olahraga.

  1. Push Up dan Sit Up

Jenis olahraga lain yang dapat melatih tulang belakang kuat dan sehat adalah push up dan sit up. Sebenarnya, ada banyak otot yang digerakkan saat kamu melakukan push up dan sit up yaitu otot dada, punggung, bahu, trisep, bisep, serta perut yang kesemuanya secara tidak langsung juga melatih tulang belakang. Pasalnya, saat melakukan push up dan sit up kamu dipaksa untuk menegakkan punggung yang pada intinya menempatkan tulang belakang tepat pada posisinya. Baca juga: Benarkah Terlalu Sering Bersepeda Berdampak pada Kesehatan Miss V?

  1. Squat

Sama seperti push up dan sit up, gerakan squat juga melatih tulang belakang untuk kuat dan sehat. Melakukan squat secara rutin juga bisa meningkatkan kinerja otot bagian bawah terutama tulang panggul dan tulang ekor. Squat juga bisa memicu pelepasan hormon dan pertumbuhan massa otot. Selain itu, berlatih squat bisa meningkatkan keseimbangan tubuh dan membentuk bokong kencang.

  1. Zumba

Nah, siapa sangka kalau zumba juga merupakan olahraga yang bisa melatih tulang belakang. Gerakan zumba yang kerap kali bertumpu pada panggul dan pinggul dapat mengencangkan tulang ekor. Selain itu, irama zumba yang catchy bisa membangkitkan mood positif.

Ingin tahu lebih banyak mengenai olahraga untuk tulang belakang kuat dan sehat atau tips memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.