16 October 2017

6 Jenis Sarapan Kaya Vitamin yang Membuat Awet Muda

6 Jenis Sarapan Kaya Vitamin yang Membuat Awet Muda

Halodoc, Jakarta – Garis halus yang muncul di sudut-sudut mata dan bibir mungkin sudah mulai mengganggu penampilan. Efek penuaan bisa muncul seiring bertambahnya usia, namun ada faktor lain yang juga bisa mempengaruhi penuaan dini. Gaya hidup yang tidak sehat, kebiasaan makan dan pengaruh polusi udara sekitar pun bisa membuat efek penuaan datang semakin cepat.

Tak hanya dari produk perawatan kulit, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini dengan sarapan setiap pagi.  Namun, perlu dicatat kalau pilihan sarapan yang kamu pilih mesti mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang bisa menekan tanda penuaan diri dari dalam dan luar tubuh.

Pilihan makanan sarapain yang tepat bisa mengurangi kerutan, melembabkan rambut, dan memperbaiki sel dalam tubuh. Nah, berikut ini adalah 6 jenis sarapan kaya vitamin yang bisa kamu pilih untuk sarapan agar tetap awet muda:

1.  Kiwi
Memang buah kiwi itu kecil ukurannya namun jangan salah, buah yang satu ini mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit kamu terlihat muda. Dalam studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition ditemukan kalau orang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang tinggi dapat menekan risiko memiliki kerutan dan juga kulit kering akibat usia dibandingkan dengan orang yang sedikit mengonsumsi vitamin C. Selain kaya akan antioksidan, vitamin C juga bisa membantu melawan radikal bebas akibat dampak negatif lingkungan seperti polusi dan sinar UV. Selain itu, vitamin C juga membantu untuk menstimulasi produksi kolagen yang semakin melambat seiring usia.

Kamu bisa mulai memakan dua buah kiwi setiap pagi. Tak ada salahnya ditemani oleh plain yogurt atau oatmeal untuk sarapan. Selain kenyang, juga bisa membantu kulit kenyal dan awet muda.

2.  Salmon
Kaya akan omega 3, salmon menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega 3 bisa membuat sistem saraf berjalan dengan lancar. Selain itu, salmon juga mengandung tinggi protein yang membantu menjaga massa otot, memperbaiki jaringan kulit serta memproduksi hormone yang dibutuhkan tubuh.

Untuk sarapan, nikmati salmon yang sudah dipanggang dan diberi alpukat di atasnya. Buah berwarna hijau bisa memberikan nutrisi vitamin E yang kamu butuhkan dan melindungi dari sinar UV.

3.  Kale
Sayur berwarna hijau ini kaya akan antioksidan dan nutrisi yang bisa membuat kamu awet muda dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya. Vitamin A akan membantu memproduksi minyak yang membuat rambut tetap lembab dan kemilau. Tentu saja, vitamin A juga bermanfaat untuk kulit, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan mata. Selain itu, kale juga kaya vitamin C untuk produksi kolagen dan potassium untuk massa otot.

Mulai sarapan pagi dengan kale dengan membuat scrambled egg yang diberi potongan kale dan beri taburan keju mozzarella untuk menambah selera sarapan kamu.

4.  Kenari
Kacang kenari kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk rambut dan kulit agar tetap terjaga kesehatan dan kelembabannya. Selain itu, kenari juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang menjaga kulit tetap kenyal dari dalam.

Nikmati kacang kenari untuk sarapan dengan mengombinasikannya bersama oats dan pemanis alami seperti madu atau sirup maple dan olive oil. Masak selama 20 hingga 25 menit untuk membuat granola favorit yang juga bisa kamu jadikan camilan sehat agar awet muda.

5.  Oat
Makanan yang mengandung gula bisa meningkatkan kadar gula dan inflamasi yang justru mempercepat munculnya garis halus. Jadi mulai sekarang kamu mesti mengurangi makanan yang mengandung banyak gula lebih sering mengonsumsi makanan sejenis oat. Jika dijadikan sarapan, makanan ini pun mengandung tinggi serat yang membantu menurunkan kolesterol, memperbaiki pencernaan, serta menjaga berat badan tetap stabil. Dengan begini, kamu akan merasa lebih sehat dan tentu saja lebih muda.

Untuk sarapan lezat, sajikan oat  dengan satu gelas susu dan menambahkan garnish favorit kamu sepeti madu, buah, atau maple syrup.

6.  Kubis
Kubis masih “bersaudara” dengan kale yang juga merupakan sumber vitamin A. Asupan kubis yang cukup bisa melembutkan kulit serta mempertajam penglihatan. Sayuran ini juga merupakan sumber bitamin B9 dan folat yang bisa mencegah efek negatif sinar matahari.

Panggang potongan kubis dengan keju frittata favorit dan juga sajikan dengan kentang atau pasta favorit. Tak hanya lezat namun juga bisa membuat kulit awet muda.

Menjaga kesehatan kulit sangat penting dilakukan sejak dini. Kamu bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dan kecantikan kulit pada ahlinya. Jika ingin menanyakan masalah kesehatan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli suplemen vitamin yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google App.