6 Kandungan Skincare yang Harus Ada Agar Awet Muda

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
kandungan dalam skincare

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak ingin punya kulit wajah yang awet muda? Walaupun usia bertambah, rasanya hampir sebagian besar wanita ingin selalu terlihat muda. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi tanda-tanda penuaan adalah dengan menggunakan skincare anti-aging. Namun, jangan sembarangan memilih produk skincare. Kamu perlu tahu kandungan-kandungan apa saja yang harus ada dalam skincare yang efektif untuk mencegah penuaan dini.

Saat memilih produk skincare, kamu disarankan untuk memperhatikan kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya. Jangan sampai produk yang kamu pilih mengandung bahan-bahan berbahaya yang bisa memberi dampak buruk untuk kulitmu. Sebaliknya, pilihlah produk skincare yang berkualitas agar dapat memberikan hasil perawatan yang optimal, termasuk ketika memilih skincare anti-aging. Inilah 6 kandungan yang bisa membuat kulitmu kenyal dan awet muda:

Baca juga: Suka Pakai Skincare? Intip Dulu 4 Fakta Ini

1. Hyaluronic Acid

Asam hyaluronic berperan penting dalam menjaga keseimbangan kelembapan alami kulit. Bekerja dengan cara menstabilkan kadar air yang ada di dalam lapisan epidermis kulit, kandungan ini akan membuat kadar air di dalam kulitmu semakin membaik. Bila kamu menggunakan produk dengan asam hyaluronic secara rutin, kulit yang tampak lebih bercahaya, kenyal dan awet muda pun bisa kamu dapatkan.

2. AHA dan BHA

Nah, kalau kedua kandungan ini efektif untuk membuat kulitmu menjadi lebih halus. Buat kamu yang punya kulit wajah normal dan kering, skincare dengan kandungan AHA adalah yang paling cocok, karena dapat membantu melembapkan dan meningkatkan produksi kolagen, serta menghaluskan tekstur kulit yang tidak merata. Namun, buat kamu yang punya jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat, pilihlah produk dengan kandungan BHA karena kandungan tersebut bermanfaat untuk meredakan kemerahan.

3. Retinol

Sering ditemukan dalam produk perawatan wajah malam hari, retinol memiliki fungsi yang mirip seperti vitamin A, yaitu untuk mengaktifkan sistem kerja sel, sehingga lebih cepat melakukan regenerasi. Selain itu retinol juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu memudarkan bintik hitam atau dark spot akibat paparan sinar matahari. Dengan menggunakan produk berbahan retinol secara teratur, wajah akan terasa lebih kencang dan lebih terlindungi.

4. Vitamin C

Tidak hanya bermanfaat untuk mencerahkan kulit, vitamin C juga sering digunakan dalam produk anti-aging karena terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen dan dermal kolagen yang ampuh mengurangi kerutan. Selain itu, vitamin C dapat meningkatkan kemampuan perlindungan kulit, sehingga lebih dapat menahan efek buruk cahaya matahari, serta mengatasi kulit belang dan mengurangi inflamasi.

5. Vitamin E

Vitamin E sudah dikenal akan manfaatnya untuk kecantikan kulit. Nah, vitamin ini juga berperan dalam menjaga kulit tetap awet muda dengan cara melindungi membran sel dari kerusakan oksidatif dan mencegah kerusakan kolagen. Dengan fungsinya tersebut, vitamin E bisa menjadi partner yang baik bagi vitamin C dalam membuat kulit wajah tampak awet muda. Kalau kamu enggak menemukan vitamin E dalam produk anti-aging, enggak perlu bingung karena vitamin E memang seringkali dituliskan sebagai tocopheryl acetate, tocopheryl linoleate, tocotrienols, alpha tocopherol atau tocopheryl succinate.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Vitamin E Baik untuk Kecantikan

6. Niacinamide

Niacinamide lebih dikenal juga sebagai vitamin B3. Vitamin ini memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan ceramide, mengurangi kadar asam lemak bebas yang ada di dalam kulit, serta menjaga kelembapan kulit dengan cara mencegah kulit kehilangan air. Enggak hanya itu saja, vitamin B3 juga menstimulasi mikrosirkulasi pada kulit, sehingga peredaran oksigen dan zat-zat nutrisi dapat berjalan dengan baik ke jaringan-jaringan dan sel. Vitamin B3 juga mampu mengurangi jerawat dan mengurangi perubahan warna kulit.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Eye Cream Cegah Penuaan Dini

Nah, itulah beberapa kandungan penting dalam skincare yang bermanfaat untuk membuat kulit wajah tampak awet muda. Kalau kamu punya masalah kecantikan lainnya, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa ngobrol dengan dokter dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.