23 March 2018

6 Kiat Menjaga Kesetiaan Kaum Adam

6 Kiat Menjaga Kesetiaan Kaum Adam

Halodoc, Jakarta – Kamu pasti tahu kalau kesetiaan merupakan faktor penting yang memengaruhi langgeng-tidaknya sebuah hubungan. Namun, sayangnya kesetiaan  bukanlah sesuatu yang muncul secara ajaib atau ada dalam tiap diri seseorang. Nah, bicara soal kesetiaan, kaum adam kerap dipandang sinis, sebab enggak sedikit survei yang mengatakan kalau mereka lebih berpotensi selingkuh dibandingkan dengan wanita. Lalu, kira-kira bagaimana ya, cara menjaga kesetiaan pria?

Sebelum melihat tipsnya, kamu perlu tahu alasan di balik pria memilih untuk berselingkuh. Menurut studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Sex Research, kebanyakan pria berselingkuh karena rasa cinta yang sudah berkurang. Nah, hal ini enggak semata-mata kesalahan mereka saja, tapi wanita juga bisa menyebabkan pudarnya cinta pasangan. Sebut saja karena sifat dan sikap yang menekan atau tidak membahagiakan pasangan. Selain berkurangnya rasa cinta, pengabaian juga jadi alasan pria memilih untuk berselingkuh.

Yang perlu kamu tahu, setiap lelaki bisa saja memiliki potensi untuk berselingkuh, tanpa memandang latar belakangnya. Enggak percaya? Orang terhormat seperti Mantan Presiden AS, Bill Clinton, saja pernah terlibat affair dengan Monica Lewinsky, seorang karyawan di Gedung Putih. Bukan cuma Clinton, seleb Hollywood ternama seperti Brad Pitt pun juga pernah berselingkuh dari pasangannya, Jennifer Aniston. Boleh jadi paras cantik Jeniffer enggak cukup untuk menahan Brad Pitt berpindah hati ke Angelina Jolie.

Hmm, meski beberapa studi bisa menyimpulkan alasan pria berselingkuh, tapi persoalan ini enggak sebatas rasa cinta yang memudar atau pengabaian yang dilakukan pasangan. Nah, daripada pusing memikirkan alasan pria berselingkuh, lebih baik menyimak cara menjaga kesetiaan kaum Adam berikut ini:

  1. Menghormatinya

Menurut ahli, ada dua faktor penting dalam hubungan asmara, yaitu cinta dan rasa hormat. Rasa hormat yang kamu tunjukkan pada pria, akan membuat mereka merasa bahagia. Artinya, pria enggak suka dengan wanita yang merendahkan dirinya.

  1. Jangan Halangi Perubahan

Kata seorang  ahli dari AS yang mengkhususkan diri dalam bidang terapi perkawninan, alasan utama perceraian adalah tidak bisanya salah satu pasangan menerima perubahan dan perkembangan diri pasangannya yang lain.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan halangi perkembangan diri mereka, sebab hal itu bisa menimbulkan ketegangan di antara kalian. Yang perlu kamu ingat, sangat naif bila kamu berpendapat kalau pasangan kamu enggak akan perah berubah. Pasalnya, menurut ahli perubahan adalah bagian integral hubungan manusia.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Bukan cuma wanita saja yang selalu ingin didengar. Menjadi pendengar yang baik amat dibutuhkan dalam suatu hubungan jangka panjang. Oleh sebab itu, amat dianjurkan untuk kamu bagi wanita agar memberikan perhatian lebih pada apa yang pasangan kamu katakan. Kamu bisa menambahkan saran atau komentar untuk menciptakan hubungan timbal balik. Bila memang enggak ada yang perlu dikomentari, setidaknya kamu bisa mendengarkan dengan hat-hati.

  1. Berikan Dirinya Pujian

Cara menjaga kesetiaan kaum adam juga bisa lewat melalui cara ini. Kata ahli, pria lebih membutuhkan pujian daripada wanita. Sebab perselingkuhan sering terjadi karena kamu kurang paham cara merebut perhatian pasangan dari wanita lain. Oleh sebab itu, penting untuk memujinya sesekali, walaupun sesederhana apapun pujian yang kamu berikan.

  1. Tetap Menarik

Meskipun kamu dan pasangan sudah mengenal satu sama salin, bukan bearti kamu bisa berpenampilan sesuka hati. Menjaga kecantikan fisik dan penampilannya bisa jadi cara agar pasangan enggak kehilangan minta pada kamu. Misalnya, kamu bisa berpenampilan trendi yang sedap dipandang mata. Singkat kata, pintarlah memilih jenis busana yang tepat dengan bentuk tubuh dan situasi.

  1. Selalu Dukung Dirinya

Ingat, dukungan ini enggak memandang gender, lho. So, enggak cuma wanita saja yang perlu dukungan dalam menjalani kehidupannya. Seorang pria juga membutuhkan dukungan emosional dari pasangannya. Nah, dukungan ini bisa membuat kamu jadi lebih dekat secara emosional dengan dirinya.

Punya keluhan kesehatan dan ingin meminta saran dari dokter? Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc  untuk  berdiskusi dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.