6 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat air beras untuk kecantikan, manfaat beras untuk kecantikan

Halodoc, Jakarta – Hampir sebagian besar orang akan membuang air bekas cucian beras. Padahal, air cucian beras ternyata memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Memang, warna dari air cucian beras yang keruh dan penuh kotoran beras tak sedap dipandang mata, apalagi hingga digunakan untuk merawat kulit. Inilah mengapa air cucian beras jarang digunakan untuk perawatan kulit masa kini.

Bukan bilasan pertama, air bekas cucian beras yang digunakan untuk perawatan kulit adalah pada bilasan kedua, ketika warnanya telah berubah menjadi lebih keruh. Nah, berikut beberapa manfaat air beras untuk kecantikan:

Membantu Mengurangi Jerawat Membandel

Kulit kamu rentan dan sering jerawatan? Pasti sangat mengganggu ya. Coba atasi dengan air cucian beras. Ternyata, air cucian beras mampu meredakan jerawat membandel dan mengurangi munculnya jerawat baru. Air cucian beras akan berperan sebagai astringent untuk mengencangkan pori-pori kulit.

Berperan sebagai Pembersih Muka Alami

Sebagian besar wanita menggunakan produk-produk pembersih muka yang kaya dengan bahan kimia. Padahal, kandungan kimia pada produk kecantikan dan pembersih belum tentu efektif untuk membersihkan muka. Justru, bukan tidak mungkin kulit wajah kamu akan mengalami iritasi dan infeksi jika kandungan pada produk tidak cocok.

Cara pengaplikasiannya tidak sulit, kok. Cukup siapkan kapas dan air bekas cucian beras secukupnya. Celupkan kapas pada air tersebut dan sentuhkan secara merata ke seluruh wajah. Setelah itu, lakukan pijatan ringan agar air tersebut terserap sempurna.

Baca juga: 4 Khasiat Tea Tree Oil untuk Kecantikan

Meringankan Iritasi yang Terjadi di Kulit

Salah menggunakan produk kecantikan membuat kulit mudah sekali mengalami iritasi. Terkadang, iritasi parah akan menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada wajah. Namun, kamu jangan khawatir, karena kamu bisa menguranginya dengan menggunakan air cucian beras.

Sebuah studi yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa wanita dengan kulit kering, gatal, pecah-pecah, dan kemerahan merasa lebih baik setelah rutin melakukan perawatan dengan air beras.

Toner Alami

Manfaat air beras untuk kecantikan selanjutnya adalah sebagai toner atau penyegar alami. Kamu tetap bisa menggunakan produk krim pembersih wajah seperti sebelumnya. Namun, coba ganti penyegarnya dengan air cucian beras. Air ini akan mengecilkan pori-pori kulit wajah kamu, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan kulit kamu, lho! Tidak perlu berbagai produk kecantikan untuk menjadikan kulit muka lebih bercahaya, air cucian beras saja sudah cukup.

Mengurangi Dampak Sunburn

Bermain di pantai memang menyenangkan. Namun, paparan sinar matahari pada kulit bisa menyebabkan terjadinya peradangan. Akibatnya, akan timbul rasa nyeri seperti terbakar. Untuk mengatasinya, coba usapkan air cucian beras pada kulit kamu yang terkena dampak sunburn. Kandungan alami pada air cucian beras ini efektif untuk meredakan dan menyembuhkan luka sunburn lebih cepat sekaligus mencegah rusaknya jaringan kulit.

Baca juga: 5 Rutinitas Kecantikan Sebelum Tidur

Meringankan Eksim

Kulit gatal-gatal karena eksim? Obati saja dengan air cucian beras. Di dalam air bekas cucian beras terkandung komponen pati yang membantu mempercepat penyembuhan eksim pada kulit. Cara mengobatinya, siapkan air cucian beras dan handuk kecil atau waslapwashlap. Celupkan handuk atau waslap tadi pada air cucian beras dan kompres di bagian kulit yang terkena eksim. Diamkan sampai kering, ya. Mudah kan?

 

Itu tadi beberapa manfaat air beras untuk kecantikan kulit kamu. Kini, cantik tidak harus mahal, kok. Ada banyak bahan alami di dapur yang bisa kamu pakai untuk obat kecantikan alami. Namun, kalau kamu merasakan perubahan yang tidak biasa pada kulit kamu, segera tanyakan pada dokter, ya. Pakai aplikasi Halodoc, dan tanyakan semua masalah kesehatan kamu kapan saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu sekarang juga!