04 June 2018

6 Manfaat Garam untuk Kecantikan

6 Manfaat Garam untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Banyak produk kecantikan yang akhir-akhir ini menonjolkan manfaat garam untuk kecantikan. Sebenarnya, selain garam yang kamu kenal pada umumnya, ada beberapa jenis garam yang memiliki manfaat lebih dahsyat dibanding garam dapur. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Garam mineral laut mati memiliki kerapatan molekul yang lebih tinggi dibandingkan jenis garam lainnya. Hal ini dapat meningkatkan fungsi kulit untuk melindungi bagian dalam tubuh, mengurangi peradangan, dan kekasaran kulit.
  • Sodium Chloride, garam jenis ini dapat membersihkan luka, salah satu bahan pembersih pada pasta gigi, tetes mata, dan bahan infus.
  • Magnesium sulfat adalah garam yang sangat cocok untuk mandi berendam dengan manfaat melunturkan kotoran bandel yang melekat di kulit seperti daki dan memberikan efek relaksasi santai.

Ternyata, selain jenis garam khusus seperti yang diuraikan di atas, kamu juga bisa menggunakan garam dapur atau garam biasa untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat garam serta cara pengaplikasiannya untuk kecantikan. (Baca juga: Tips Cantik saat Lebaran)

  1. Menyeimbangkan Masker

Garam dan madu memiliki sifat antiinflamasi yang bisa bermanfaat menenangkan kulit dan meredakan radang jerawat atau iritasi pada wajah. Manfaat garam lainnya juga bisa mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah serta mempertahankan hidrasi kulit wajah. Kamu bisa mencampurkan garam biasa dengan madu kemudian oleskan di seluruh wajah  dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah selesai, bersihkan dengan handuk hangat lalu cuci wajah dengan air bersuhu normal. (Baca juga: Tidur Berkualitas dengan Bantuan Gadget, Bisakah?)

  1. Facial Toner

Manfaat garam lainnya adalah membersihkan pori-pori wajah secara mendalam. Kamu bisa memaksimalkan manfaat garam ini dengan cara mencampurkan dua sendok teh garam ke dalam sebotol air hangat lalu gunakan campuran bahan tersebut sebagai toner. Hindari menyemprot mata kalau tak mau matamu pedih.

  1. Body Scrub

Ternyata garam dapat menjadi scrubbing andalan saat dibutuhkan. Kamu tinggal campurkan garam dengan setengah cangkir minyak zaitun, tambahkan beberapa tetes essential oil favoritmu, dan gosokkan ke bagian tubuh yang berkulit kasar dengan gerakan melingkar.

  1. Meremajakan Kulit

Garam dan lidah buaya adalah campuran terbaik untuk kamu yang menginginkan kulit kencang yang cerah. Caranya sederhana saja, parut lidah buaya lalu tambahkan garam dan usapkan ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar dan diamkan beberapa saat untuk hasil maksimal. Kamu juga bisa menggosokkan kulit bagian dalam dari lidah buaya yang sudah dibubuhi garam ke siku, lutut, dan tumit untuk penampilan cerah, cemerlang, dan halus. (Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Bagi Pria)

  1. Berendam Tanpa Berkerut

Buat kamu yang senang berendam di air hangat, tapi tidak mau kulit berkerut, kamu dapat menambahkan garam ke dalam bathub-mu. Selain itu penambahan garam bisa membantu kulit mempertahankan kelembapannya dan menahan hidrasi. Efek relaksasi juga bisa kamu dapatkan, sembari menggosokkan garam ke kulit belakang leher dan lengan.

  1. Perawatan Anti Ketombe

Manfaat garam lain yang jarang orang ketahui adalah untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Caranya adalah dengan menaburkan garam di kulit kepala lalu pijat secara lembut dan berikan tekanan pada bagian yang gatal dengan jari-jari yang sudah dibasahi sebelumnya. Lakukan selama 10-12 menit dan diamkan supaya khasiat garam dapat menyerap sempurna, lalu cuci rambut dan kulit kepala menggunakan sampo favoritmu.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat garam lainnya untuk kecantikan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.