16 July 2018

6 Manfaat Mengajari Anak Berenang

manfaat mengajari anak berenang,manfaat berenang pada anak,manfaat berenang

Halodoc, Jakarta – Aktivitas yang berkaitan dengan air biasanya disukai oleh anak-anak, salah satunya adalah berenang. Mungkin banyak orangtua yang beranggapan bahwa mengajari anak berenang di usia dini mungkin terlalu berlebihan. Namun nyatanya, penelitian mengungkapkan bahwa mengajari anak renang akan membantu meningkatkan rasa percaya diri anak dan kepandaian mereka.

Saat berenang pun, anak akan mengalami rangsangan motorik yang baik, sebab ia akan banyak melakukan gerakan. Misalnya seperti menendang, berseluncur, melompat ke dalam kolam, dan beragam gerakan lain yang melibatkan seluruh anggota tubuhnya.

Nah, berikut ini adalah manfaat mengajari anak berenang, yaitu:

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Belajar berenang terbukti bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam menjalin komunikasi dengan teman sebaya, orangtua, atau pelatih renang. Penelitian di Jerman juga mengungkapkan bahwa anak-anak yang diberi pelajaran berenang pada usia 2 bulan hingga 4 tahun akan lebih mudah beradapatasi dengan lingkungan baru dan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, serta lebih mandiri daripada mereka yang tidak belajar berenang.

  1. Mengurangi Risiko Tenggelam

Data dari American Academy of Pediatric menunjukkan bahwa ketidakmampuan berenang anak dan balita merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Oleh sebab itu, mengajari anak berenang adalah hal yang penting. Orangtua dapat mencoba untuk mengajari anak  beberapa teknik dasar berenang semisal mengapung dengan bagian punggung di bawah. Jadi, melatih anak berenang sejak dini bukan hal yang berlebihan.

  1. Membuat Anak Cerdas

Berenang membuat anak melakukan banyak gerakan pada kedua sisi tubuh yang biasanya berpola. Dengan begini, saraf-saraf di otak akan aktif terutama di bagian corpus collosum yang bertanggungjawab mengatur komunikasi balik terhadap rangsangan dan mengantarkan rangsangan dari sisi otak ke sisi yang lain. Dengan begitu, kemampuan membaca, berbahasa, serta pembelajaran akademis anak akan meningkat.

Baca juga: Simak 5 Cara Mudah Membuat Anak Cerdas Sejak Dini

  1. Mengajarkan Keseimbangan Tubuh

Berenang pun membentuk koordinasi anggota tubuh semisal gerakan kaki, lengan, teknik bernapas, hingga kepala. Dengan begitu, anak akan mampu melakukan beragam gerakan dengan seimbang.

  1. Tidak Takut Air

Berenang membuat anak harus berlama-lama di air. Selain itu, jika ia sudah bisa berenang, ia tidak akan mengalami ketakutan untuk langsung terjun ke air. Hal ini akan bermanfaat saat terjadi kondisi darurat yang bisa saja terjadi.

  1. Mencegah Obesitas

Berenang termasuk olahraga yang melibatkan banyak gerakan tubuh, sehingga akan mengurangi kemungkinan anak obesitas. Manfaat mengajari anak berenang lainnya yaitu membuat sistem kardiovaskuler anak semakin sehat, sehingga jantung dan paru-paru anak akan selalu dalam kondisi prima.

Tips Mengawasi Anak Berenang

Saat anak sudah ingin dan yakin untuk mulai belajar berenang, jangan coba-coba untuk meninggalkannya sendirian di dalam kolam. Jangan pernah memaksanya untuk langsung melakukan gerakan-gerakan yang sulit, karena yang paling penting adalah agar anak bisa melakukan gerakan-gerakan dasar terlebih dahulu.

Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk tidak membawa anak dibawah usia 6 bulan untuk berenang, karena risiko tenggelam akan semakin besar dan kandungan kaporit dalam kolam renang bisa membuat kulit anak iritasi. Selain menguntungkan anak nantinya, belajar berenang ini juga sangat baik untuk membangun hubungan yang baik antara anak dan orangtua.

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Jika kamu ingin tahu manfaat mengajari anak berenang lebih lanjut, kamu dapat memanfaatkan Halodoc untuk menanyakan hal ini kepada dokter-dokter terpercaya. Kamu bisa menggunakan fitur Voice/Video Call dan Chat untuk menanyakan segala tentang kesehatan anak. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!