• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Pilihan Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Pilihan Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

6 Pilihan Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Juni 2022

“Pengidap diabetes perlu memilih makanan yang dikonsumsi lebih selektif, termasuk buah-buahan. Beberapa jenis buah untuk pengidap diabetes yang aman yaitu anggur, apel, jeruk, stroberi, dan pir.”

6 Pilihan Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Pengidap diabetes harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terlebih makanan sumber karbohidrat. Sebab, karbohidrat dalam makanan akan diubah menjadi gula oleh tubuh. Apabila asupan karbohidrat dalam tubuh berlebih, maka hal tersebut dapat mengakibatkan peningkatan gula darah.

Buah untuk Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Guna membantu mencukupi kebutuhan energi tubuh tanpa meningkatkan kadar gula darah yang berlebihan, pengidap diabetes bisa mengonsumsi buah-buahan. Meski memiliki rasa manis, buah tetap menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk pengidap diabetes. Pasalnya, buah mengandung bermacam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Lalu, apa saja pilihan buah untuk diabetes yang aman dikonsumsi? Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Anggur
buah anggur

Semua jenis anggur memiliki kandungan antioksidan polifenol yang baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Tak hanya itu, buah anggur juga tinggi kandungan serat dan rendah kalori.

  1. Apel
buah apel

Selain anggur, apel juga menjadi pilihan buah untuk diabetes lainnya. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, C, kalsium, zat besi, dan serat. Tak hanya itu, apel juga termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah. Sebaiknya kamu tidak mengupas apel saat hendak mengonsumsinya, karena bagian tersebut mengandung banyak nutrisi dan antioksidan.

  1. Jeruk
buah jeruk

Jeruk mengandung folat dan kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, tiamin yang terdapat pada buah jeruk juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus mencegah resistensi insulin.

  1. Kiwi
buah kiwi

Kiwi bisa dibilang sebagai buah yang unik. Kandungan vitamin C, kalium, antioksidan, dan serat yang tinggi pada buah kiwi menjadikan buah ini salah satu asupan yang baik untuk pengidap diabetes.

  1. Buah Beri
buah beri

Buah yang termasuk dalam golongan buah beri adalah jenis buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Pasalnya, kelompok buah ini mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

  1. Pir
buah pir

Buah pir memiliki kandungan serat yang membantu menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi lainnya, seperti vitamin K, air, dan antioksidan.

Itu tadi beberapa pilihan buah untuk diabetes yang aman dikonsumsi. Jangan lupa untuk selalu mengecek kadar gula darah secara rutin. Jika memang diperlukan, konsumsi vitamin untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kamu bisa cek kebutuhan suplemen dan vitamin di Toko Kesehatan Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store maupun Play Store. 

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2022. Best Fruits to Eat if You Have Diabetes.
Healthline. Diakses pada 2022. What You Should Know About Fruit for a Diabetes Diet.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet.