12 July 2018

6 Tips Agar Anak Semangat Kembali Sekolah

kembali ke sekolah,agar anak semangat kembali sekolah,agar anak semangat sekolah

Halodoc, Jakarta – Liburan sekolah sudah hampir mendekati akhir. Artinya, Si Kecil harus segera bersiap untuk kembali ke sekolah. Tapi kok, Si Kecil malah kelihatan tidak bersemangat ya?

Jika itu yang terjadi, orangtua perlu melakukan beberapa trik untuk membuat anak kembali bersemangat untuk sekolah. Sebenarnya, tidak perlu hal-hal yang rumit dan terlalu berlebihan. Ibu dan ayah bisa lho memberi motivasi untuk anak dengan hal-hal yang sederhana.

Misalnya, ceritakan padanya bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan dan bahwa belajar adalah hal yang penting dan harus bisa ia nikmati. Tentu saja, pengertian-pengertian tersebut harus disampaikan dengan pendekatan yang tepat. Sehingga, Si Kecil akan lebih mudah menerima dan memahaminya. Selain memberi motivasi, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan orangtua agar anak semangat kembali ke sekolah. Yuk, disimak!

1. Pastikan Anak Tidur Tepat Waktu

 

 

Saat musim liburan, biasanya jam tidur anak akan berantakan. Nah, salah satu cara untuk menyiapkan Si Kecil sebelum kembali ke sekolah adalah dengan memperbaiki pola tidurnya. Pastikan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari.

Kurang tidur di malam hari bisa menyebabkan anak kehilangan semangat dan motivasi untuk sekolah. Alhasil, dia mungkin akan terlihat malas dan tidak bersemangat pada hari pertama sekolah. Anak usia sekolah disarankan untuk mendapatkan waktu tidur sekitar 9-12 jam dalam satu hari.

2. Penampilan Baru

 

 

Sebelum kembali ke sekolah, ajaklah anak untuk memotong rambut. Selain untuk mengubah penampilan, nyatanya hal ini juga bisa membantu meningkatkan semangat sekolah anak. Penampilan yang baru setidaknya bisa membawa suasana yang baru pula, sehingga anak akan jadi lebih semangat untuk menghadapi hari pertama sekolah setelah liburan.

Baca juga: Ini Cara Tingkatkan Mood Anak Kembali Sekolah

3. Beli Peralatan Sekolah

 

 

Umumnya, setelah liburan sekolah, anak-anak akan membutuhkan beberapa peralatan sekolah baru. Seperti buku, pulpen, atau tas dan seragam. Mengajak anak untuk membeli alat-alat sekolah ini juga bisa membantu meningkatkan semangat anak kembali ke sekolah.

Sebaiknya, hindari membelikan anak hal-hal yang tidak perlu. Selain lebih boros, kebiasaan tersebut juga bisa membuat anak menjadi manja dan terbiasa harus diiming-imingi imbalan untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya sudah menjadi kewajibannya.

4. Sarapan Bergizi

 

 

Persiapkan juga semangat sekolah Si Kecil dengan mengonsumsi makanan sehat ketika sarapan. Sebagai waktu makan terbaik, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak saat sarapan. Tak hanya itu, menu sarapan yang disantap ternyata juga bisa memengaruhi mood dan semangat anak dalam menjalani hari.

Agar anak lebih semangat belajar, pastikanlah untuk menyiapkan menu sarapan yang sehat dan kaya akan zat gizi baik untuk tubuh. Misalnya susu, telur, kacang-kacangan, ikan, sayur, dan buah-buahan.

Baca juga: 5 Menu Sarapan untuk Hari Pertama Sekolah

5. Antarkan Sampai ke Sekolah

 

 

Tak ada salahnya untuk mengantarkan anak sampai ke sekolah di hari pertamanya. Nah, untuk memompa semangat anak, pastikan orangtua yang ikut mengantar juga menularkan semangat. Jadi, selama perjalanan, cobalah untuk bercerita atau membicarakan hal-hal yang menyenangkan dengan Si Kecil.

6. Bekal Makan yang lucu dan Bertemu teman

 

 

Meningkatkan semangat sekolah anak juga bisa dilakukan dengan membawakan ia bekal makanan yang bisa dinikmati bersama teman-temannya. Cobalah untuk mengkreasikan bekal anak dengan tampilan yang lucu, sehingga suasana hatinya pun akan ikut bertambah.

Baca juga: Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah

Jika anak masih saja terlihat lemas dan tidak bersemangat, bisa jadi ada hal lain yang menyebabkannya. Misalnya gangguan kesehatan. Kalau anak mengeluh sakit, jangan panik! Minta saran dari dokter di aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download di App Store dan Google Play!