13 February 2018

6 Tips Ampuh Atasi Masalah Bau Mulut

6 Tips Ampuh Atasi Masalah Bau Mulut

Halodoc, Jakarta – Bau mulut? Duh, bisa jadi membuat kamu dan orang di sekitar jadi enggak nyaman. Masalah bau mulut atau bau nafas ini seringkali dihindari oleh banyak orang. Hal ini bisa menyebabkan turunnya rasa percaya diri sehingga aktivitas jadi terganggu.

Tapi, siapa sih yang mau punya bau mulut? Kenapa bau mulut bisa terjadi? Umumnya, bau mulut disebabkan oleh jarang menyikat gigi, mulut kering, konsumsi makanan dengan bau menyengat seperti bawang putih, kebiasaan merokok, gangguan kesehatan, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut? Tentu ada. Intip tips atasi bau mulut di bawah ini, yuk!

1. Sikat Gigi secara Rutin

Jarang menyikat gigi bisa membuat sisa makanan menempel pada gigi, menyebabkan menumpuknya plak dan terkumpulnya bakteri pada mulut yang dapat menimbulkan bau mulut. Karena itu, kamu perlu sikat gigi secara rutin setidaknya dua kali sehari untuk mencegah bau mulut. Sikatlah gigi setidaknya pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Usahakan untuk menyikat seluruh gigi, lidah, langit-langit mulut, dan gusi dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi yang kamu gunakan setidaknya setiap tiga bulan sekali, dan gunakan benang gigi (dental floss) untuk  menghilangkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi, ya.

2. Jangan Biarkan Mulut Kering

Selain jarang menyikat gigi, keadaan mulut kering juga bisa memicu terjadinya bau mulut. Jadi, agar tidak bau mulut, kamu perlu menjaga kelembaban mulut. Misalnya, rutin mencuci mulut dengan obat kumut atau air setelah menyikat gigi. Mencuci mulut akan melindungi mulut dari bakteri penyebab bau mulut dan menyegarkan mulut kamu. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kelembaban mulut dengan perbanyak konsumsi air putih, lho.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Beberapa makanan ternyata bisa memicu bau mulut, seperti bawang dan petai. Jadi, untuk mencegah bau mulut, salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan pemicu bau mulut tersebut. Untuk mencegah bau mulut, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah sayur dan buah. Kedua jenis makanan tersebut mengandung banyak air yang bisa membantu menjaga kelembaban mulut, sehingga dapat mencegah mulut kering pemicu bau mulut.

4. Konsumsi Teh dan Yogurt

Selain sayur dan buah, kamu bisa mengonsumsi teh dan yogurt untuk mencegah bau mulut. Teh mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah bau mulut. Sedangkan jika dikonsumsi dua kali, kandungan dalam yoghurt dapat mengurangi kadang hidrogen sulfida penyebab bau mulut.

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Selain menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lain, kebiasaan merokok juga dapat merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut. Karena itu, agar terhindar dari bau mulut, kamu perlu menghindari kebiasaan merokok.

6. Rutin Periksa ke Dokter

Kesehatan gigi juga perlu dijaga dengan rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter, setidaknya enam bulan sekali. Hal ini untuk deteksi dini adanya kemungkinan kerusakan gigi, seperti gigi berlubang dan bau mulut. Kamu juga perlu bicara dengan dokter untuk mencari tahu penyebab bau mulut, terutama jika masalah bau mulut tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa tips di atas. Untuk bicara dengan dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur contact doctor di aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Voice/Video Call dan Chat.

Melalui fitur di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Kamu hanya tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Atau, jika kamu penasaran dengan kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga : 3 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa