03 August 2018

6 Tips Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

memanjangkan bulu mata, bulu mata

Halodoc, Jakarta - Wanita mana sih yang tidak ingin memiliki bulu mata yang tebal dan lentik. Tidak mengherankan, karena bagi wanita, bulu mata juga menjadi salah satu unsur penunjang penampilan. Inilah mengapa banyak cara dilakukan untuk membuat bulu mata tampak tebal, seperti menggunakan vini, maskara, hingga memasang bulu mata palsu. Namun, penggunaan kosmetik yang tidak tepat justru akan membuat bulu mata rontok. Supaya tidak terjadi, ganti penggunaan kosmetik dengan cara memanjangkan bulu mata secara alami berikut ini:

1. Air Kelapa

Selama ini, sebagian besar orang hanya mengetahui bahwa fungsi air kelapa adalah untuk menetralkan racun dalam tubuh sekaligus pengganti elektrolit yang hilang selama tubuh beraktivitas. Namun, siapa sangka, ternyata air segar ini juga bisa membuat bulu mata kamu terlihat lebih panjang? Ini karena kandungan klor, klorin, kalium, dan cytokinin pada air kelapa yang terbilang tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa membasuhkan air kelapa pada muka seperti ketika mencuci muka seperti biasa.

2. Kemiri

Memanjangkan bulu mata secara alami juga bisa kamu lakukan menggunakan kemiri. Bahan alami yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini mengandung zat besi, kalsium, zat besi, dn berbagai vitamin. Masyarakat tradisional banyak menggunakan bahan ini untuk melebatkan dan menghitamkan rambut secara alami. Dengan cara yang sama, kamu bisa memanfaatkannya untuk memanjangkan bulu mata. Tumbuk kemiri hingga halus dan peras. Usapkan minyaknya secara perlahan ke bulu mata.

3. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Fungsinya yang melembapkan sekaligus membersihkan kulit membuat minyak ini banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan kosmetik, terutama untuk masker wajah. Selain itu, minyak zaitun juga bisa untuk penumbuh rambut alami, sama halnya dengan menumbuhkan dan memanjangkan bulu mata dengan cara pemakaian yang sama seperti saat kamu memakai maskara.

Baca juga: 4 Fakta Tentang Bulu Mata yang Rontok

4. Lidah Buaya

Selain minyak zaitun, lidah buaya juga menjadi bahan alami yang memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin dan mineralnya berfungsi untuk melembapkan, menutrisi sekaligus mencegah penuaan dini pada kulit. Bagian dalam lidah buaya juga banyak digunakan untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut secara alami. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakannya untuk memanjangkan bulu mata. Bahkan, bahan ini aman digunakan setiap hari.

5. Teh Hijau

Tak hanya berperan penting dalam menunjang kesehatan tubuh dan kecantikan, teh hijau pun banyak dipakai sebagai bahan alami untuk menumbuhkan dan melebatkan bulu mata. Bahan ini membantu mencegah kerontokan dan menjaga kesuburan rambut. Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya kamu menyeduh teh hijau dalam bentuk bubuk dan bukan bentuk kantong. Kemudian, ambillah kapas dan sentuhkan pada air teh tadi. Selanjutnya, usapkan perlana pada bulu mata.

6. Minyak Almond

Minyak almond mengandung vitamin E dan antioksidan yang tinggi, sehingga sering dimanfaatkan pula untuk membuat kosmetik. Coba oleskan minyak ini pada bulu mata kamu sebelum tidur setiap harinya, dan bilaslah muka ketika kamu bangun esok pagi. Kamu tidak perlu membuat minyak almond sendiri, karena minyak ini sudah banyak beredar di pasaran.

Baca juga: Ekstensi Bulu Mata Bikin Bulu Mata Asli Rontok, Benarkah?

Demikian tadi berbagai bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menumbuhkan dan memanjangkan bulu mata. Penggunaan bahan alami tentu lebih aman jika dibandingkan dengan kosmetik, karena bahan alami tidak memiliki kandungan kimia yang justru berbahaya untuk tubuh. Kalau kamu ingin membeli vitamin E, minyak zaitun, atau minyak almond, kamu bisa menggunakan layanan Apotek Antar dari aplikasi Halodoc. Namun, sebelum itu, donwload dulu aplikasi Halodoc di ponsel kamu.