16 March 2018

6 Tips Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

6 Tips Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Halodoc, Jakarta – Sebel dengan wajah yang berminyak terus? Buat kamu yang punya jenis kulit berminyak, wajah kamu memang cenderung mengeluarkan minyak secara berlebihan. Tidak peduli seberapa sering kamu coba menghilangkannya, wajah akan kembali berminyak dalam waktu yang singkat. Tentunya hal ini sangat mengganggu, karena selain makeup jadi mudah luntur, wajah yang mengkilap karena berminyak juga enggak enak dilihat. Jangan putus asa dulu, yuk coba  tips-tips berikut untuk atasi minyak berlebih pada wajah.

Selain karena faktor jenis kulit, beberapa faktor berikut juga bisa memicu kulit wajah memproduksi minyak berlebih:

  • Hormon Reproduksi

Meningkatnya hormon reproduksi, terutama menjelang dan selama masa menstruasi, bisa memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak dalam jumlah banyak. Itulah mengapa saat lagi PMS, wajah akan cenderung jerawatan.

  • Keturunan

Wajah yang berminyak juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Kulit wajah sering berminyak mungkin karena kulit wajah orang tua kamu juga berminyak.

  • Stres

Pada saat stres, secara otomatis, tubuh akan diatur dalam fight to flight mode. Kondisi inilah yang kemudian memicu kelenjar keringat memproduksi minyak berlebih.

  • Penggunaan Kosmetik

Menggunakan kosmetik yang terlalu tebal atau berbahan kimia yang berat bisa menyebabkan pori-pori tertutup dan bertambah besar, sehingga keringat akan tertimbun di dalam.

Nah, biasanya bagian wajah yang paling gampang berminyak adalah area T-zone, yaitu area hidung dan dahi. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Gunakan Irisan Mentimun

Enggak hanya menyegarkan wajah, irisan mentimun juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah wajah berminyak. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan irisan mentimun yang sudah didinginkan di dalam kulkas sebelumnya, lalu gosok secara perlahan di semua permukaan kulit wajah, khususnya area zona T. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam atau setelah menghapus makeup dari wajah.

2. Masker Putih Telur

Menggunakan masker bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori pada wajah dan membuat kulitmu tampak cerah. Salah satu jenis masker alami yang bisa kamu coba adalah masker putih telur. Caranya, campurkan putih telur dengan sedikit madu, kemudian oleskan pada wajah secara merata, dan diamkan selama 20 menit sampai masker mengeras. Kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini secara rutin, 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

3. Manfaatkan Es Batu

Sama seperti mentimun, es batu juga bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan wajah sekaligus mengatasi minyak berlebih pada wajah. Kamu cukup mengoleskan es batu ke seluruh permukaan wajah, khususnya zona T  selama sekitar 30 detik.

4. Gunakan Face Toner

Cara lainnya untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah adalah dengan menggunakan face toner sebelum kamu memakai krim atau riasan wajah. Face toner bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum di wajah. Pilihlah face toner berbahan lemon yang efektif mengontrol minyak berlebih di zona T.

5. Rutin Melakukan Facial Steam

Siapkan baskom berisi air hangat, lalu arahkan wajah di atasnya untuk mendapatkan uap air hangat selama 2-4 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Facial steam bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran dan zat-zat lainnya yang menyumbat pori-pori, termasuk minyak. Dengan rutin melakukan facial steam, kulit wajah akan jadi bersih dan segar.

6. Selalu Siapkan Face Paper

Salah satu produk yang wajib dibawa pemilik wajah berminyak adalah face paper atau kertas berminyak. Kertas yang dirancang khusus untuk menyerap minyak ini bisa menghilangkan minyak seketika tanpa membuat kulit wajah jadi kering. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu cukup tekan-tekan di area wajah yang berminyak. Hindari menggosok kertas minyak pada wajah, ya.

Sebenarnya kamu enggak perlu terlalu stres memiliki kulit wajah yang berminyak selama kulitmu tidak berjerawat. Tapi, kalau kulitmu bermasalah, bicarakan saja langsung dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Nah, untuk membeli suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan, enggak perlu repot-repot ke apotek, pakai saja aplikasi Halodoc. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.