6 Tips Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Tips Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Halodoc, Jakarta - Hidup dengan rasa cemas tentu tidak enak. Bukannya menikmati hidup, rasa cemas justru bisa menghambat kamu untuk beraktivitas dan mengejar passion. Jadi agar bisa hidup tanpa rasa cemas, tak ada salahnya memberikan perlindungan diri dengan menggunakan asuransi kesehatan.

Berbeda dengan jenis asuransi lainnya, asuransi kesehatan akan memberikan jaminan biaya kesehatan dan perawatan saat kamu mengalami sakit atau kecelakaan. Jadi, kamu tidak perlu cemas lagi dengan hal yang tak terduga karena biaya pengobatan kamu pun akan terjamin.

Nah, untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, kamu harus benar-benar jeli dalam menyeleksi perusahaan asuransi yang akan kamu ikuti. Ini untuk menghindarkan kamu dari kerugian yang bisa timbul akibat kesalahpahaman mengenai isi polis yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Agar kamu terhindar dari kerugian, simak enam tips memilih asuransi kesehatan yang tepat di bawah ini, yuk!

1. Pahami Kebutuhan

Sebelum memilih asuransi, pastikan kamu sudah memahami kebutuhan dan riwayat kesehatan. Ini dilakukan untuk meringankan beban finansial dan memastikan bahwa kamu mendapatkan layanan asuransi yang sesuai. Agar tidak salah dalam memilih, maka kamu perlu mengidentifikasi jenis layanan apa saja yang dibutuhkan dan sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa mencari dan memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

2. Pilih Jenis Perlindungan

Saat memilih asuransi, biasanya kamu akan ditawarkan berbagai jenis perlindungan. Agar tidak salah, maka kamu perlu menyesuaikan jenis perlindungan yang akan kamu pilih dengan kebutuhan dan anggaranmu. Pahami juga manfaat, bentuk perlindungan, cara klaim, besar premi, dan hal detil lain yang perlu kamu tahu untuk meminimalisir kesalahpahaman antara kamu dengan perusahaan asuransi.

3. Cari Tahu Kredibilitas Perusahaan

Hal yang tidak boleh kamu abaikan adalah mencari tahu kredibiltas perusahaan asuransi yang kamu pilih. Ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian yang bisa terjadi di kemudian hari akibat tindakan tidak profesional dari perusahaan tersebut. Kamu bisa mencari tahu kredibilitas perusahaan melalui internet atau dari teman atau keluarga yang sudah menggunakan layanan perusahaan tersebut sebelumnya. Jadi, agar terhindar dari kerugian, pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas tinggi di masyarakat.

4. Teliti Kemudahan Klaim

Secara garis besar, klaim yang digunakan perusahan asuransi ada dua, yaitu cashless dan reimbursement. Sistem cashless berarti pembayaran pengobatan bisa dilakukan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan. Sedangkan sistem reimbursement berarti kamu harus membayarkan pengobatan di awal, lalu menagihkan penggantian biaya pengobatan ke perusahaan asuransi dengan melampirkan kuitansi pembayaran dari rumah sakit. Setelah disetujui, perusahaan asuransi akan membayarkan penggantian biaya pengobatan dalam jumlah tertentu sesuai dengan perjanjian di awal kontrak. Jadi agar tidak salah, kamu perlu memahami secara detil cara klaim asuransi yang ingin kamu pilih.

5. Lakukan Perbandingan

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Karena itu, sebelum kamu menetapkan pilihan, lakukan perbandingan terhadap premi bulanan, jenis perawatan kesehatan, kemudahan klaim, rumah sakit rekanan, keunggulan, dan manfaat yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi kesehatan. Ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan layanan terbaik dari perusahaan asuransi yang kamu pilih nantinya.

6. Rumah Sakit Rekanan

Semakin banyak rumah sakit rekanan, maka semakin mudah kamu mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang dibutuhkan. Karena itu, pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan luas dan kerjasama dengan banyak rumah sakit. Ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi, terutama untuk kamu yang menginginkan sistem klaim cashless, karena layanan asuransi cashless umumnya hanya berlaku di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi.

Karena asuransi adalah produk jangka panjang, maka kamu tidak perlu terburu-buru dalam memilih asuransi kesehatan. Kamu hanya perlu memastikan bahwa asuransi kesehatan yang kamu gunakan akan memberikan layanan terbaik dalam menunjang pengobatan dan perawatan kesehatan kamu. Sebelum akhirnya kamu memilih asuransi, kamu bisa lho memanfaat aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter. Jika kamu punya keluhan kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc melalui Chat dan Voice/Video Call kapan saja dan dimana saja. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.