04 February 2018

7 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

7 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

Halodoc, Jakarta – Meningkatkan kemampuan otak bisa menjadi cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Biasanya, kemampuan ini dikenal sebagai neuroplastisitas. Hal ini merupakan konsep neurosains yang mengatakan bahwa otak manusia memiliki kemampuan yang menakjubkan untuk beradaptasi dan diperbaharui kualitasnya hingga usia tua.

Nah, selama beberapa tahun terakhir, tiap orang pun akhirnya bisa untuk mengembalikan, memperbaharui, dan meningkatkan kemampuan otak yang mereka miliki dengan 7 cara berikut:

  1. Berpikir Positif

Rasa cemas dan stres merupakan pembunuh saraf otakmu. Perasaan itu juga akan menghentikan terciptanya saraf-saraf baru. Penelitian menunjukkan bahwa berpikir positif memiliki beragam manfaat, salah satunya mempercepat penciptaan saraf baru di otak dan secara dramatis akan mengurangi perasaan cemas dan stres.

2 . Lakukan Sesuatu yang Baru

Ketika kamu mengalami sesuatu yang baru dan tidak biasanya, hal ini akan merangsang otakmu. Penting untuk tidak terjebak dalam melakukan hal-hal yang sama setiap hari. Lakukan sesuatu yang baru. Karena aktivitas ini akan membuat saraf-saraf di otakmu akan mengambil jalan lain untuk bekerja.

  1. Olahraga Secara Teratur

British Journal of Sports Medicine dan US National Library of Medicine mempublikasikan jurnal mereka yang mengonfirmasi bahwa dengan berolahraga secara teratur akan menciptakan sel otak baru sehingga akan membantu kamu meningkatkan kemampuan otak. Jalan cepat setiap pagi atau jogging adalah contoh olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan.

  1. Perbanyak Menghapal dan Bertanya

Pasti kamu sering mendengar orang berkata, “Saya berharap kamu memiliki ingatan yang lebih baik!” Namun kita tidak melakukan sesuatu tentang hal ini. Nah, cara sederhana untuk melatih ingatanmu adalah menghafal nomor telepon, nomor-nomor penting lainnya seperti nomor KTP, kartu kredit, atau nomor SIM. Lakukan hal ini secara berkala dan lihat hasilnya.

Selain itu, jangan pernah menerima apapun mentah-mentah. Segala sesuatu sebaiknya dipertanyakan agar otak kamu aktif untuk terus berpikir, berinovasi, dan menghasilkan gagasan-gagasan baru.

  1. Tidur yang Cukup

Tidur itu adalah obat terbaik dan termurah. Tidur juga seperti detoks yang mengeluarkan racun. Saat kamu tidur, tubuh akan meregenarasi sel dan mebuang semua racun. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, tidurlah selama 7 hingga 8 jam per hari.

 

  1. Baca Buku

Membaca buku dapat mengurangi ketegangan dan stres karena merupakan sebuah bentuk pelarian dari pikiran yang tidak-tidak. Berbagai riset juga menunjukkan bahwa membaca akan melatih otakmu untuk membayangkan hal-hal positif di kepala atau dengan kata lain berimajinasi.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Kamu adalah apa yang kamu makan. Istilah ini juga berdampak dalam meningkatkan kemampuan otak karena makanan memiliki dampak besar pada fungsi otak. Otak mengonsumsi lebih dari 20 persen nutrisi dan oksigen dari makanan yang dikonsumsi. Jadi, konsumsilah makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan, serta jangan lupa mengonsumsi minyak Omega 3 yang bisa ditemukan pada ikan.

Jika kamu masih bingung kebingungan, jangan ragu untuk mendiskusikan hal ini kepada yang ahli. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter ahli dan bisa memanfaatkan  Video Call, Voice Call, dan Chat. Selain itu, kini Halodoc juga memiliki fitur terbarunya yang wajib kamu ketahui yaitu Cek Laboratorium.

Nah, kamu juga bisa membeli vitamin yang akan membantumu meningkatkan kemampuan otak di Halodoc. Pesanan kamu pun akan tiba di tempat tujuan dalam satu jam sehingga kamu tidak perlu lagi repot. Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca juga: 5 Menit Gerakan Olahraga Untuk Tingkatkan Kemampuan Otak.