26 April 2018

7 Makanan untuk Pertumbuhan Tulang Janin

7 Makanan untuk Pertumbuhan Tulang Janin

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang penting untuk kesehatan ibu dan janin. Nah, bila ibu ingin agar tulang Si Kecil dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, dokter menganjurkan agar ibu hamil mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Indian Council of Medical Research (ICMR) menyatakan bahwa kebutuhan kalsium harian wanita hamil adalah sebesar 1200 miligram. Selain kalsium, asupan vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Berikut 7 makanan yang bermanfaat untuk tulang ibu hamil dan juga bayi:

1. Susu dan Keju

Susu sudah dikenal banyak orang sebagai minuman yang kaya akan kalsium. Karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk meminum 2 gelas susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium hariannya (Baca juga: Apakah Bumil Harus Minum Susu Hamil). Selain susu, keju juga kaya akan kalsium dan merupakan sumber protein yang penting dalam pembentukan sel-sel otot dan membantu tumbuh kembang janin secara keseluruhan. Pilihlah keju yang rendah lemak agar ibu tidak mengonsumsi lemak dan kalori berlebihan.

2. Yoghurt

Kandungan kalsium dan protein pada yoghurt cukup tinggi. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 345 miligram atau 1 gelas yoghurt low fat per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tumbuh kembang janin.

3. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak mengandung kalsium dan bebas dari merkuri, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan kalsium dalam ikan salmon cukup banyak, yaitu dari 3 ons salmon bisa memberikan asupan kalsium sebesar 181 miligram. Selain tinggi kalsium, ikan salmon juga kaya akan protein.

4. Sayuran Hijau

Ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan bok choy. Bayam dan brokoli juga kaya akan vitamin A yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan organ janin.

5. Kacang Kedelai

Selain susu, produk olahan susu, dan sayuran hijau, kalsium juga bisa ibu dapatkan dari kacang kedelai. Kalsium yang dihasilkan dari kacang kedelai terbilang sangat tinggi. Satu gelas kecil kacang kedelai yang direbus tanpa garam bisa memberikan asupan kalsium sebanyak 261 miligram. Selain direbus, ibu juga bisa meminum tiga cangkir susu kedelai per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

6. Jeruk

Buah jeruk yang dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi jus dapat memberi asupan vitamin C yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Vitamin ini baik bagi gigi dan gusi bayi, serta pengembangan tulang bayi, tendon, tulang rawan, kulit, dan kolagennya. Vitamin C juga dapat membantu pembentukan sistem imun tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

7. Pisang

Selain jeruk, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang yang kaya akan nutrisi dan punya banyak manfaat. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pisang antara lain kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin. Tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil, pisang yang mengandung potasium yang tinggi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam sel-sel tubuh.

Bila kebutuhan kalsium ibu masih belum terpenuhi, coba bicarakan dengan dokter kandungan yang mungkin akan memberimu suplemen kalsium (Baca juga: Ingin Ibu & Bayi Sehat? Ini 6 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil). Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen yang dibutuhkan lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat praktis, tinggal order saja dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang jug di App Store dan Google Play.