08 July 2018

7 Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

manfaat baca cerita sebelum tidur

Halodoc, Jakarta – Selain untuk menghibur, kegiatan mendongeng juga memiliki banyak manfaat untuk membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang. Meskipun anak belum bisa memahami kata-kata, mendongeng bisa merangsang kemampuan anak dalam hal mendengar dan mengenal suara. Lantas, apa saja manfaat baca cerita sebelum tidur bagi anak? Ini jawabannya.

Baca juga: Tidur Anak Tidak Nyenyak? Yuk, Kenali Penyebanya

1. Meningkatkan Kemampuan Bicara dan Bahasa

Mendongeng bisa menjadi sarana untuk mengajarkan Si Kecil berbicara, bahkan sejak di awal kehamilan. Sebab, setiap interaksi yang dilakukan orangtua (misalnya, melalui kegiatan mendongeng) akan direspons oleh otak anak, yakni dengan menyerap suara serta bahasa yang digunakan saat bercerita.

2. Menenangkan Anak

Saat mendongeng, orangtua biasanya akan membacakan cerita dalam suasana santai dan nyaman. Beberapa orangtua mungkin akan melakukan dramatisasi dengan menekankan intonasi yang berbeda saat membacakan cerita. Kegiatan inilah yang bisa membuat Si Kecil tertarik untuk mendengarkan cerita, sehingga ia akan merasa nyaman dan lebih tenang.

3. Membiasakan Pola Tidur Sehat

Membaca cerita sebelum tidur juga bisa membantu menjaga kualitas tidur Si Kecil. Sebab, kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum ia tidur. Sehingga ketika ibu melakukannya, Si Kecil akan tahu bahwa ini sudah waktunya untuk ia tidur. Dampaknya, Si Kecil akan terbiasa dengan pola tidur yang sehat, termasuk memiliki jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya.

4. Menumbuhkan Minat Baca

Kegiatan mendongeng juga bisa menumbuhkan minat baca Si Kecil. Sebab, saat ia terbiasa dengan buku, ia akan menganggap buku sebagai benda yang menyenangkan.

5. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Membaca cerita sebelum tidur juga baik untuk merangsang imajinasi dan kreativitas Si Kecil. Sebab saat mendengarkan cerita, ia akan berimajinasi mengenai alur cerita yang dibacakan oleh orangtuanya. Jika dibiasakan, hal ini akan mengajarkannya untuk berpikir cepat dan kreatif. Selain itu, membaca cerita sebelum tidur juga bisa meningkatkan IQ Si Kecil, termasuk mempertajam daya ingatnya (memori).

6. Mengasah Keterampilan Mendengar

Membaca cerita sebelum tidur bisa mengasah indera pendengaran Si Kecil. Karena untuk memahami isi dari buku yang didongengkan, ia harus mendengarkan cerita yang orangtuanya sampaikan. Sehingga, kegiatan mendongeng bisa mengasah kemampuan mendengar serta meningkatkan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.

7. Mengenalkan Nilai Moral Positif

Ada banyak nilai moral yang bisa diajarkan orangtua pada anak melalui dongeng. Misalnya, nilai kejujuran, rendah hati, kerja keras, dan nilai moral positif lainnya. Sehingga, membaca cerita sebelum tidur diharapkan bisa membantu anak untuk belajar tentang nilai moral positif yang berlaku di masyarakat.

Sebelum membacakan cerita, ibu perlu memperhatikan jenis buku yang akan dibacakan. Jangan sampai ibu memilih cerita yang terlalu menakutkan bagi Si  Kecil. Usahakan juga untuk menjadikan kegiatan mendongeng sebagai hal yang menyenangkan. Antara lain dengan menggunakan media boneka, intonasi yang beragam, dramatisasi cerita, dan mimik wajah yang menarik saat membacakan dongeng.

Itulah tujuh manfaat membaca cerita sebelum tidur bagi anak. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar manfaat baca cerita sebelum tidur, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin yang dibutuhkan tubuh melalui fitur Pharmacy Delivery pada aplikasi Halodoc. Kamu tinggal memesan obat dan vitamin yang dibutuhkan, lalu tunggu hingga pesanan datang. Yuk, download aplikasi  Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.