18 July 2018

7 Penyebab Rambut Beruban

penyebab rambut beruban, kenapa rambut beruban, rambut beruban, menghindari rambut beruban,uban

Halodoc, Jakarta – Seiring pertambahan usia, biasanya akan muncul rambut putih atau biasa kita kenal sebagai rambut beruban. Biasanya, rambut beruban muncul di pertengahan usia 50 tahun. Tidak jarang masih berusia muda tapi rambut putih satu-satu sudah mulai bermunculan. Kira-kira apa penyebab rambut beruban yang muncul terlalu dini ini, ya? Untuk mengetahui lebih dalam, penjelasannya ada di bawah ini.

  1. Penuaan adalah Penyebab Utama Rambut Beruban

Dr. Anthony Oro, profesor dermatologi dari Stanford University mengatakan umumnya rambut putih alias uban muncul di pertengahan usia 50 tahun dan ini adalah kondisi yang normal. Seperti halnya kulit, rambut mengubah teksturnya seiring pertambahan usia. Jadi, kalau kulit menjadi keriput, maka hal yang terjadi pada rambut adalah perubahan warna menjadi putih.

  1. Etnis Membuat Perbedaan

Kondisi etnis memberikan perbedaan mengenai kapan datangnya rambut beruban. Pada etnis Kaukasia, rambut beruban bisa datang lebih cepat. Setelah Kaukasia, menyusul Asia, baru yang paling terakhir adalah Afrika-Amerika.

  1. Faktor Stres

Faktor stres bisa menjadi penyebab rambut beruban. Walaupun tidak terlihat langsung, tapi stres memang memberikan pengaruh yang jelas terhadap perubahan kulit dan rambut. Situasi signifikan yang terlihat jelas adalah rambut rontok biasa dialami oleh orang yang cenderung stres.

Kepala yang “panas” secara tak langsung membuat kulit kepala menjadi stres, akar rambut melemah yang membuatnya cepat tanggal dan juga memberikan perubahan warna. Tidak hanya terlihat kusam, tetapi juga menua lebih cepat.

  1. Perubahan Gaya Hidup

Gaya hidup yang menjadi kebiasaan ternyata dapat menjadi pemicu rambut beruban. Merokok misalnya yang dapat mengikis Vitamin B12 di dalam tubuh. Padahal, vitamin B12 adalah vitamin yang berperan dalam mengatur kekuatan rambut dan menjaga pigmen rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti wortel atau kacang hijau dapat membantu melindungi tubuh dari racun serta mencegah penyakit, termasuk rambut beruban yang datang sebelum waktunya.

  1. Rambut Memang Harus Memutih

Untuk diketahui, folikel rambut mengandung hidrogen peroksida yang dapat menghalangi produksi melanin yang merupakan pigmen warna pada tubuh termasuk rambut. Seiring pertambahan usia, ada peningkatan jumlah hidrogen peroksida yang pada akhirnya menumpuk, sehingga terjadi perlambatan pigmen warna rambut dan membuat rambut menjadi beruban secara naturalnya.

  1. Rambut Beruban Bisa karena Gen

Seseorang bisa mendapatkan uban di usia berapa pun dan ternyata ini terkait dengan gen juga. Jadi kalau orangtuamu mendapatkan uban di usia pertengahan 40a-an ada kemungkinan rambutmu juga beruban di usia yang sama. Selain itu, orang-orang yang memiliki rambut terang atau kurang hitam cenderung lebih cepat beruban ketimbang mereka yang memiliki rambut hitam gelap pekat, seperti hitam.

  1. Tidak Bisa Dihindari

Kondisi rambut beruban tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa memperlambatnya atau membuatnya tampak lebih sehat dan bercahaya. Cara yang bisa dilakukan selain mengonsumsi makanan sehat adalah dengan memijat kulit kepala setiap kali keramas. Mengaplikasikan kondisioner secara rutin, serta pemberian vitamin dapat menjaga kesehatan folikel rambut, melancarkan sirkulasi darah di sekitar kulit kepala, sehingga membuat membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai penyebab rambut beruban, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.