7 Perlengkapan Balita yang Harus Dibawa Saat Liburan

7 Perlengkapan Balita yang Harus Dibawa Saat Liburan

Halodoc, Jakarta - Saat bepergian, balita memiliki barang bawaan yang jauh lebih banyak dibanding orang dewasa. Banyak keperluan yang harus kamu persiapkan. Mulai dari stok baju bersih yang lebih, popok, persediaan susu yang mencukupi hingga mainan agar si kecil anteng selama perjalanan. Tidak heran, jika balita membutuhkan satu koper ekstra untuk bisa membawa seluruh keperluannya. Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan sebagai seorang ibu yang akan membawa balita pergi berlibur yaitu membuat daftar perlengkapan balita saat berlibur agar tidak ada yang kelupaan atau tertinggal karena jika terjadi akan membuat kamu repot selama liburan. Berikut beberapa barang yang harus ada pada tas khusus balita saat pergi berlibur:

1.  Pakaian
Terlebih dahulu ibu harus menghitung lamanya waktu perjalanan yang akan ditempuh. Sebab hal ini akan menentukan juga berapa jumlah baju yang harus kamu bawa serta usahakan untuk membawa baju lebih. Jangan lupa juga untuk membawa aksesoris lainnya seperti handuk, kaus kaki, sarung tangan, topi, selimut, sepatu dan sandal, celemek, baju tidur dan lain-lainnya yang sekiranya harus dibawa pada perlengkapan balita saat berlibur.

2.  Perlengkapan Mandi
Balita memiliki tubuh dan kulit yang masih sangat rentan dan sensitif. Oleh karena itu sabun dan sampo yang dipakai juga tidak boleh sembarangan.

3.  Makanan dan Camilan
Balita memerlukan makanan yang berbeda dengan orang dewasa. Sebaiknya kamu membawa makanan balita yang mudah disiapkan serta camilan khusus untuk selama perjalanan agar anak tidak rewel.

4.  Peralatan Makan
Kamu jangan sampai lupa untuk membawa mangkok makan bayi, botol minum, sendok makan khusus bayi, sponge khusus untuk mencuci peralatan, dan lain sebagainya. Kamu bisa membawanya sesuai dengan keperluan.

5.  Susu Formula
Balita yang sudah berumur lebih dari 2 tahun dan tidak lagi mengonsumsi ASI tentulah membutuhkan susu pendamping seperti susu formula. Persediaan susu yang cukup adalah hal penting yang harus kamu perhatikan dalam perlengkapan balita saat berlibur. Sesuaikan juga stok susu dengan kebutuhan balita.

6.  Popok Bayi
Popok bayi juga menjadi salah satu perlengkapan balita saat berlibur yang tidak boleh sampai ketinggalan. Dan jangan sampai kehabisan popok selama perjalanan, pakailah popok sekali pakai agar tidak perlu repot untuk sering mengganti dan mencuci. Popok sekali pakai juga dapat kamu beli di supermarket.

7.  Perlengkapan Lain
Selain perlengkapan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa perlengkapan lain yang harus ibu bawa juga. Seperti membawa beberapa mainan untuk menghibur si kecil supaya tidak bosan, tisu, tisu basah, kapas, kantong kresek untuk membuang popok kotor, obat-obatan, kain gendong atau gendongan khusus, stroller dan lain-lain.

Selain menyiapkan 7 perlengkapan balita saat berlibur, ada baiknya kamu berdikusi terlebih dahulu dengan dokter anak tentang kesehatan balita apakah aman jika dibawa pergi liburan yang jaraknya jauh. Kamu bisa meminta tips untuk membawa balita berlibur kepada dokter ahli terpercaya lewat aplikasi Halodoc yang membuat kamu tidak perlu datang ke rumah sakit dengan Chat, Voice/Video Call. Selain itu kamu bisa juga membeli obat lewat aplikasi Halodoc yang akan diantarkan ke rumah kamu dalam waktu satu jam. Download segara pada smartphone kamu di App Store dan Google Play dan rasakan kemudahan serta manfaat yang akan kamu dapatkan.

BACA JUGA : 6 Tips Mudah Sebelum Ajak Anak Liburan