21 June 2018

7 Tips Perawatan Wajah Lelah

cara merawat wajah lelah

Halodoc, Jakarta – Berhari-hari kurang tidur karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan enggak hanya bisa bikin tubuhmu kelelahan, wajah pun juga jadi tampak lelah dan kurang fresh. Bila dark circle di bawah mata mulai muncul, dan kulitmu menjadi semakin kusam, itu tandanya wajahmu butuh perawatan segera. Enggak mau kan cantikmu jadi berkurang, ikuti tips-tips ini agar wajahmu kembali fresh dan cantik.

1. Cerahkan Kembali Kulit Wajahmu

Kulit kusam merupakan salah satu tanda dari wajah yang kelelahan. Nah, kamu bisa mengatasi hal ini dengan melakukan perawatan CTM, yaitu cleansing, toning, dan moisturizing setiap malam agar kulit wajahmu bisa kembali cerah dengan cepat. Perawatan scrub wajah juga diperlukan untuk mencerahkan kembali kulit yang kusam. Namun, kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk merawat kulit wajah, kamu bisa menggunakan masker wajah sebagai solusi terbaik untuk mencerahkan wajah secara cepat.

Baca juga: 7 Cara Atasi Kulit Kusam

2. Kompres Kantung Mata

Sering begadang bisa membuat kantung matamu bengkak dan menghitam, sehingga mirip seperti mata panda. Bukannya lucu, mata panda bisa mengurangi kecantikan dan kesegaran wajahmu. Tapi, enggak usah khawatir, kamu bisa menghilangkan mata panda dengan menggunakan eye cream setiap malam atau mengompres kedua matamu dengan menggunakan kantung teh yang basah. Untuk mengatasi mata yang bengkak, kompres dengan es batu adalah cara yang paling efektif.

Baca juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

3. Rutin Gunakan Sunscreen

Kulit kusam juga bisa disebabkan karena sering terpapar sinar matahari. Karena itu, sebelum beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu mengenakan sunscreen ya agar kulitmu terlindung dari dampak buruk sinar matahari.

Baca juga: Suka Pakai Skincare? Intip Dulu 4 Fakta Ini

4. Jaga Kulitmu Tetap Terhidrasi dan Lembap

Kulit wajahmu yang lelah sangat membutuhkan hidrasi agar tidak kering dan tampak lebih fresh. Kulit yang terhidrasi dengan baik juga akan terasa lebih lembap, kenyal dan cerah. Banyak minum air putih adalah cara terbaik untuk menghidrasi kulit dari dalam. Namun selain itu, kamu juga bisa menyemprotkan face mist setiap kali kamu merasa kulitmu kering dan gunakan moisturizer setiap pagi agar kulitmu tetap lembap sepanjang hari.

5. Pijat Wajah dengan Lembut

Mengatasi kulit wajah yang kusam juga bisa dengan cara memberi pijatan lembut pada wajah. Cara ini berfungsi meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Mulailah dengan membuat gerakan melingkar di area tengah ke luar wajah untuk memaksimalkan sistem limfatik. Pijat wajah dengan menggunakan face oil selama kurang lebih 2 menit.

6. Bentuk Alis Mata

Alis mata tidak hanya berperan untuk mempertegas bentuk wajah, tapi juga bisa membuat wajah terlihat lebih segar. Dengan menggambar alis, penampilanmu akan terlihat lebih rapi dan terawat. Namun, pastikan kamu menggambar alis mata sesuai dengan bentuk wajah agar tampak natural.

7. Memulaskan Lipstick Berwarna Cerah

Memulas bibir dengan lipstik berwarna cerah selalu menjadi cara yang ampuh untuk membuat penampilan wajahmu terlihat lebih segar dan cantik secara instan. Pilihlah warna-warna terang seperti merah untuk menghilangkan kelelahan pada wajahmu. Hindari pemilihan warna-warna nude, karena akan semakin membuat wajahmu terlihat kusam dan sakit.

Nah, itulah beberapa tips untuk merawat wajah yang lelah. Kalau kamu punya pertanyaan seputar kecantikan dan kesehatan kulit, pakai saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.