06 September 2017

8 Kebiasaan untuk Tetap Sehat Tanpa Olahraga

8 Kebiasaan untuk Tetap Sehat Tanpa Olahraga

Halodoc, Jakarta - Olahraga bermanfaat untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan oksigen sehingga metabolisme menjadi optimal. Apakah di antara kamu mudah lelah saat berolahraga? Malas atau tidak sempat berolahraga? Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk tetap bugar tanpa olahraga berat. Caranya adalah kegiatan sehari-hari di rumah menjadi jalan pintas untuk membuat tubuh selalu sehat tanpa olahraga. Terapkan 8 kebiasan ini untuk tetap sehat tanpa olahraga.

1.  Pola Makan Sehat
Untuk sehat tanpa olahraga kamu harus memperhatikan pola makan sehat yang tidak hanya sekedar menjadi cara yang baik untuk mengendalikan berat badan, tapi pola makan sehat ternyata menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa harus berolahraga. Makan teratur seperti sarapan pada jam 7 pagi, makan siang jam 12 siang dan makan malam paling lambat jam 8 malam adalah pola makan yang sangat disarankan. Selain itu pastikan pula makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bergizi.

2.  Penuhi Waktu Ideal Untuk Tidur
Selain pola makan yang harus diperhatikan agar tetap sehat tanpa olahraga yaitu waktu tidur yang cukup. Agar tubuh bugar, sangat disarankan kamu bisa memenuhi waktu tidur yang ideal yaitu 6 sampai 7 jam setiap harinya. Tidur adalah waktu yang penting bagi tubuh untuk meregenerasi setiap sel-sel tubuh yang rusak, menyediakan energi dan juga mendukung sistem metabolisme tubuh dengan lebih maksimal.

3.  Berjemur
Berjemur merupakan kegiatan yang sangat simpel untuk tetap sehat tanpa olahraga. Berjemur juga menjadi salah satu cara untuk menyehatkan tubuh karena sinar matahari yang masuk ke dalam tubuh merupakan vitamin D yang sangat bermanfaat. Berjemur di pagi hari maksimal sampai jam 8 atau 9 pagi, tidak boleh lebih dari jam 9 karena sinar matahar di atas jam 9 sangat tidak bagus untuk kulit.

4.  Mandi Air Dingin
Mandi dengan air dingin jauh lebih menyehatkan dari pada mandi dengan air hangat, karena mandi dengan air dingin sangat baik untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Mandi menggunakan air dingin adalah salah satu cara mudah untuk tetap sehat tanpa olahraga.

5.  Minum Air
Air yang dimaksud tentunya adalah air mineral. Banyak minum air lalu menambahkannya dengan lemon untuk dijadikan infused water yang bermanfaat dalam menambah energi sekaligus untuk membuang lemak di perut. Selain membuat tubuh tetap terhidrasi dan ter-detoks, kamu juga mendapat tambahan antioksidan dari lemon.

6.  Jalan Kaki
Usahakan untuk berjalan kaki 5 sampai 10 menit. Ketika stres, berjalan kaki lebih manjur dalam menghilangkan stres, dibandingkan dengan mengonsumsi makanan untuk menghilangkan stres yang akan menambah kalori. Selain membakar kalori, pikiran kamu juga kembali segar karena terdistraksi dengan pemandangan baru. Yang terpenting adalah hindari untuk tidak terlalu stres. Caranya adalah dengarkan musik, membaca, atau melakukan hobi kamu. Jangan terlalu banyak memikirkan hal yang membuat kamu stres. Ciptakan lingkungan yang kondusif di kantor, sehingga kamu terbebas dari stres.

7.  Makanan yang Bergizi
Menerapkan pola makan teratur memang sangat baik untuk kesehatan. Namun itu saja tidak cukup. Disamping mengatur pola makan dengan teratur, kamu juga perlu memilih makanan yang dikonsumsi, yaitu makanan yang memiliki kandungan gizi bermanfaat untuk tubuh. Jangan hanya makanan yang enak dan mengenyangkan saja, kamu juga harus perhatikan nutrisi kandungannya.

8.  Biasakan Minum Air Hangat
Sangat disarankan untuk mengonsumsi air hangat dan mengurangi mengonsumsi air es. Air Es dapat membekekukan lemak yang ada di dalam darah membuat peredaran darah tidak lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi terganggu. Oleh karena itu minum air es sangat tidak disarankan apalagi jika kamu yang sedang melakukan diet.


Masih banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk tetap sehat tanpa olahraga atau kamu bisa bertanya kepada dokter untuk mendapatkan saran agar tubuh sehat tanpa olahraga. Bertanya kepada dokter bisa lewat aplikasi kesehatan Halodoc. Di aplikasi ini kamu bisa juga berdiskusi via chat, voice atau video call. Tidak hanya itu, di Halodoc, kamu juga bisa beli obat melalui smartphone tanpa perlu ribet. Download aplikasinya di App Store atau Google Play.

BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN PUNYA EFEK SETARA PIJAT