06 July 2017

8 Makanan Ini Sehatkan Jantung Kamu

8 Makanan Ini Sehatkan Jantung Kamu

Halodoc, Jakarta - Berdasarkan laporan dari Badan Kesehatan WHO, serangan jantung masih menjadi peringkat nomer 1 penyebab hilangnya nyawa seseorang di dunia. Berdasarkan fungsinya jantung memiliki peran penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh, tak heran jika jantung menjadi bagian penting pada sistem peredaran darah pada manusia.

Agar jantung tetap berfungsi dengan baik, tentunya harus dijaga dengan cara pola hidup yang sehat dan juga dengan mengonsumsi makanan yang dapat menyehatkan jantung. Lalu makanan apa saja yang dapat menyehatkan jantung? Berikut 8 makanan untuk kesehatan jantung kamu:

1.  Ikan Salmon
Ikan salmon dan jenis ikan lainnya yang mengandung akan asam lemak omega 3 merupakan makanan untuk kesehatan jantung yang layak untuk dikonsumsi. Kandungan omega ini dapat menurunkan risiko aritma (gangguan jantung) dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu omega 3 juga dapat menurunkan trigliserida dan dapat mencegah peradangan.

Menurut Asosiasi Jantung merekomendasikan sebaiknya makan ikan, setidaknya dua kali dalam seminggu. Karena hal ini sangat baik untuk tubuh dan dapat menyehatkan jantung kamu.

2.  Oatmeal
Makanan untuk kesehatan jantung bisa juga dengan mengonsumsi oatmeal, yang tinggi akan serat yang dapat menurunkan kolesterol. Oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar gula darah, sehingga berguna bagi pengidap diabetes. Serat pada oatmeal dapat menyehatkan jantung, dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

3.  Biji-bijan
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. hal ini dikarenakan biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, dan magnesium).

4.  Jeruk
Dalam sebuah jeruk mengandung vitamin c, karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin/vitamin B1, Niacin/Vitamin B3, Pyridoxine, dan berbagai vitamin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang ada di buah jeruk juga dapat mengurangi kadar kolesterol darah, dan meningkatkan risiko kolesterol baik (HDL).

5.  Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karatenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dapat dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, sehingga menyehatkan jantung.

6.  Bawang
Seperti yang kita ketahui bahwa bawang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, karena bawang mengandung kalsium, saltivine, belerang, protein, lemak, fosfor, dan vitamin A, B1, dan C. Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Tentunya hal ini baik untuk kesehatan jantung, karena semakin banyak kamu mengonsumsi garam. Maka, semakin tinggi pula risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Batas asupan garam harian yang baik adalah tidak lebih dari 5-6 gram per hari atau setara dengan 2000 – 2400mg natrium per hari. Sedangkan bagi orang yang memiliki risiko penyakit jantung, konsumsi natrium maksimal adalah 1.500mg.

7.  Anggur
Makanan untuk kesehatan jantung bisa didapat juga dari mengonsumsi buah anggur. Anggur diduga berpotensi dalam mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena, anggur mengandung serat dan senyawa quercetin yang dapat melindungi pembuluh darah dari penyumbatan.

8.  Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga termasuk makanan untuk kesehatan jantung karena berasal dari buah zaitun yang memiliki lemak sehat dan kaya akan antioksidan yang sehat bagi jantung. Selain itu minyak zaitun juga dapat melindungi pembuluh darah, dari timbulnya plak-plak yang dapat menyumbat pembuluh darah sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan melancarkan peredaran darah.

Makanan untuk kesehatan jantung sudah seharusnya mengandung protein yang baik. Seperti 8 makanan di atas yang bisa menjadi referensi kamu dalam mengatur asupan makanan agar terhindar dari serangan jantung. Selain mengonsumsi makanan tersebut, ada baiknya kamu juga melakukan olahraga secara teratur dan tidak merokok.


Wujud antisipasi serangan jantung tentunya banyak. Untuk mengantisipasinya lebih lanjut, diskusikan lebih lanjut dengan dokter spesialis jantung kapanpun kamu mau melalui aplikasi Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi yang memberikan kamu kemudahan dalam berkomunikasi dengan dokter 24/7 setiap harinya, hingga memungkinkan kamu untuk membeli obat-obatan melalui smartphone. Jaga kesehatan kamu mulai dari sekarang, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.