20 March 2018

8 Tips Cantik Merawat Kulit Kering

8 Tips Cantik Merawat Kulit Kering

Halodoc, Jakarta – Kulit kering adalah sebuah kondisi yang terjadi karena kurangnya jumlah cairan di lapisan epidermis kulit. Beberapa penyebabnya adalah lingkungan yang kering, terlalu sering terpapar AC, kelembaban udara yang tidak seimbang dan kurangnya asupan protein yang membuat kulit kehilangan minyak alami.

Tanpa perawatan, kulit kering bisa menjadi bersisik. Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kering adalah siku, tumit, lutut, betis, lengan dan untuk beberapa kasus area wajah. Untuk informasi selanjutnya mengenai kulit kering kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat dan langsung terhubung dengan dokter-dokter spesialis di bidangnya.

Berikut adalah tips merawat kulit kering yang bisa banget kamu aplikasikan di rumah. Yuk, cari tahu selengkapnya!

  1. Hindari Mandi Air Panas

Pakar kesehatan kulit Andrea Lynn Cambio, MD menganjurkan untuk menghindari mandi air panas. Sebaiknya air hangat saja dengan suhu “suam-suam” kuku. Hawa panas akan menghalangi minyak alami tubuh, sedangkan minyak alami tubuh justru memberikan kelembaban pada tubuh. Bahkan, kalaupun kamu mandi air hangat jangan terlalu lama, batasi waktu maksimal 10 menit. Setelah mandi, tepuk-tepuk kulit dan oleskan pelembab kulit. (Baca juga Jangan Sering-sering Mandi Air Hangat, Ini Dampaknya)

  1. Pilih Sabun dengan Pelembab

Sabun yang mengandung pewangi dan deodorant justru akan semakin mengeringkan kulit. Pilihan terbaik adalah menggunakan sabun dengan pelembab yang baik. Sabun yang setelah dipakai tidak membuat kulit kering tetapi tetap terasa lembut. Saat mengeringkan badan juga jangan terlalu keras menggosok badan. Karena hal ini justru bisa melukai bagian kulit yang kering tersebut.

  1. Mencukur dengan Teknik yang Benar

Tahukah kamu, kalau mencukur bisa membuat kulit kering semakin teriritasi? Menurut anjuran American Academy of Dermatology, waktu terbaik untuk bercukur adalah setelah mandi karena dalam situasi ini kulit dan rambut melembut. Posisi terbaik bercukur adalah dari arah rambut tumbuh. Pastikan juga pisau cukur yang digunakan tajam sehingga tidak membuatnya harus berkali-kali bergesekan dengan kulit. Bersihkan pisau cukur dengan alkohol bila perlu untuk mendapatkan hasil yang higienis.

  1. Tabir Surya di Cuaca Panas

Sinar matahari yang terik dapat membuat kondisi kulit kering makin parah. Makanya, biasakan untuk mengoleskan tabir surya ke kulit sebelum panas-panasan. Termasuk bibir jangan lupa dilapisi dengan lip balm, ya. Kemudian, kenakan pakaian longgar supaya kulit tubuh bisa bernapas, bukan baju berlapis-lapis.

  1. Konsumsi Air yang Cukup

Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya kandungan air dalam tubuh. Pastikan asupan air harian kamu terpenuhi setiap hari. Kalau kamu termasuk orang yang aktif bergerak dan punya kegiatan tambahan, pastikan kamu menambah asupan air putih, ya.

  1. Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa yang dioleskan di kulit tubuh dapat mengembalikan kelembaban alami kulit secara natural. Minyak natural dapat meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan jumlah lemak di bawah kulit sehingga kulit tubuh menjadi kenyal, mengisi kekosongan kulit dan membuatnya terasa halus.

  1. Minum Susu

Selain menggunakan produk perawatan kulit kering yang mengandung susu, mengonsumsi susu juga dapat mengembalikan kekenyalan tubuh dan membuat kulit cerah. Mulai sekarang jangan males lagi untuk minum susu.

  1. Jangan Terlalu Sering Mandi

Mungkin kamu menganggap mandi bisa membuat kulit bersih dan sehat tapi nyatanya kalau terlalu sering mandi, kulit bisa kehilangan minyak alaminya. Jadi sebaiknya, mandi dengan durasi yang normal dua kali sehari dan gunakan pelembab setelahnya.