28 November 2017

8 Tips Melahirkan Normal

8 Tips Melahirkan Normal

Halodoc, Jakarta – Bagi wanita yang memilih melahirkan normal, mungkin ada rasa takut ketika menghadapi hari persalinan nanti. Membayangkan betap sakitnya dan besarnya perjuangan yang dibutuhkan ketika melahirkan normal semakin menambah kekhawatiran ibu. Tidak perlu cemas, persalinan normal merupakan sebuah proses alami untuk melahirkan sang buah hati ke dunia. Ibu hanya perlu memerhatikan tips-tips berikut agar persalinan normal nanti berjalan lancar.  

Persalinan normal adalah melahirkan bayi secara alami melalui Miss V. Metode persalinan ini hanya bisa dilakukan oleh ibu hamil yang tidak memiliki gangguan kesehatan tertentu yang bisa berisiko terhadap keselamatan ibu dan janin. Bagi ibu yang memilih untuk melahirkan normal, berikut tips-tips untuk mempersiapkan diri:

  • Diskusikan Kepada Dokter

Bicarakan kepada dokter kandungan tentang keinginan ibu untuk melahirkan normal. Dokter yang mengetahui riwayat kesehatan ibu dan janin akan dapat memberitahukan apakah ibu dapat menjalani persalinan normal. Periksakan juga kehamilan secara rutin ke dokter kandungan untuk memantau kesehatan janin dan mendeteksi adanya gangguan pada kehamilan.

  • Ketahui Risikonya

Selalu ada risiko dari setiap jenis persalinan, tidak terkecuali persalinan normal. Komplikasi melahirkan bisa saja terjadi jika janin berada dalam posisi sungsang, proses persalinan berlangsung terlalu lama atau karena faktor ketidaksiapan dari tenaga ahli dan peralatan medis yang digunakan. Faktor-faktor tersebut bisa menyebabkan bayi terlilit tali pusar, tali pusat menumbung atau prolaps, dan persalinan memanjang.

  • Yakinkan Diri Sendiri & Minta Dukungan Suami

Jika sudah memutuskan untuk menjalani persalinan normal, yakinkan diri sendiri bahwa metode ini dipililh demi kebaikan ibu dan janin. Ingatlah keuntungan-keuntungan yang akan ibu dapatkan dari melahirkan normal, yaitu proses pemulihan yang cepat setelah melahirkan, terhindar dari pengaruh obat-obatan, dan ibu dapat langsung melihat bayi. Mintalah dukungan dari suami untuk terus menyemangati ibu, terutama menjelang hari persalinan.

  • Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan

Sebaiknya pilih rumah sakit yang mendukung persalinan normal, sehingga keputusan ibu untuk melahirkan secara alami dapat diusahakan semaksimal mungkin. Selain itu, pilih rumah sakit yang berlokasi tidak jauh dari rumah, sehingga ibu dapat segera ke rumah sakit ketika tiba saatnya untuk melahirkan. Pastikan juga rumah sakit yang ibu pilih memiliki fasilitas untuk melahirkan normal dan tenaga medis yang terlatih.

  • Ikuti Kelas Persiapan

Di kelas persiapan melahirkan, ibu dan pasangan dapat mengetahui banyak informasi seputar cara melahirkan normal. Ibu pun akan diajari teknik pernapasan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika bersalin. Ibu juga dapat bertemu dengan banyak wanita hamil lainnya untuk saling berbagi informasi dan tips.

  • Pilih dan Latih Pose Yoga

Selain di dalam kelas persiapan melahirkan, ibu dapat melatih pernapasan dengan mengikuti kelas yoga. Ibu dapat mengingat beberapa pose atau gerakan selama di kelas yoga, untuk nantinya dilatih kembali bersama pasangan di rumah. Latihan pernapasan sangat penting untuk dilakukan secara rutin pada bulan terakhir kehamilan.

  • Pijat

Kontraksi akan sering muncul ketika hari persalinan sudah semakin dekat. Untuk mengurangi rasa sakit akibat kontraksi dan untuk membuat ibu merasa tenang, pijatan dari pasangan atau anggota keluarga lain akan sangat diperlukan.

  • Tenang & Ikuti Instruksi

Ketika waktunya bersalin, ibu diharapkan bisa tenang dan mengatur pernapasan seperti yang sudah ibu latih di kelas persiapan melahirkan. Ikuti instruksi dari dokter atau bidan untuk mendorong bayi keluar.

Ibu hamil bisa membicarakan tentang kondisi kesehatannya kepada dokter, tanpa perlu keluar rumah, melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan chat untuk berdiskusi dan meminta saran kesehatan kapan saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.